Jumat, 18 Agustus 2017

Bupati Lombok Barat Ajak Hayati "Laku Telu"

id Lombok Barat
Bupati Lombok Barat Ajak Hayati
Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid
"Di sinilah kita diingatkan untuk tidak memenggal dan menerapkan sepenggal-sepenggal tiga laku kepemimpinan dalam praksis pendidikan Ki Hajar Dewantara"
Lombok Barat (Antara NTB) - Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid mengajak para pendidik menghayati konsep "Laku Telu" atau tiga peran yang dirumuskan Ki Hajar Dewantara, yaitu "Ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karso, tut wuri handayani".

"Artinya, yang di depan memberi teladan, di tengah memberi ilham (inspirasi) dan di belakang memberi dorongan," kata Fauzan pada apel peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 1 Mei 2017, yang dipusatkan di Kecamatan Batulayar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Selasa.

Konsep "Laku Telu", menurut dia, perlu dihayati mengingat dunia pendidikan saat ini mengalami krisis keteladanan dan praktik pendidikan tidak lagi menginspirasi.

Begitu pula dorongan dari arah belakang dari kepemimpinan pendidikan tidak disertai arah dan haluan peserta didiknya.

Bupati yang biasa disapa Ojan ini menambahkan, ketiga peran tersebut harus dilaksanakan secara seksama, baik bergantian maupun serempak dalam tampilan sosok pemimpin pendidikan yang utuh.

"Di sinilah kita diingatkan untuk tidak memenggal dan menerapkan sepenggal-sepenggal tiga laku kepemimpinan dalam praktis pendidikan Ki Hajar Dewantara," ujarnya.

Visi pendidikan masa depan Indonesia, lanjut Ojan, sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat.

Selain itu peserta didik harus menguasai berbagai bidang keterampilan hidup, vokasi dan profesi abad 21. Hanya dengan karakter yang kuat dan kemampuan berdaya tingggilah peserta didik akan sanggup membawa bangsa Indonesia berdiri tegak di antara bangsa-bangsa maju lainnya.

"Untuk itu pembentukan karakter harus dimulai dan menjadi prioritas pada jenjang pendidikan dasar," kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah NTB ini.

Apel Hardiknas 2017 dengan tema "Percepat pendidikan yang merata dan berkualitas" diikuti seribuan guru dan pelajar mulai dari tingkat SD hingga SMA/SMK dari berbagai sekolah di Kabupaten Lombok Barat. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga