Menteri Bumn Targetkan Sembalun Daerah Nol Miskin

id BUMN SEMBALUN

Menteri Bumn Targetkan Sembalun Daerah Nol Miskin

Menteri BUMN Rini Soemarno (tengah), menanam benih bawang putih di Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB. (Foto ANTARA NTB/ist)

Sembalun kita ingin jadikan sebagai daerah yang anti miskin, nol kemiskinan dan menjadi daerah utama penanaman bawang putih
Lombok Timur (Antara NTB) - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno menargetkan Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, menjadi daerah nol miskin melalui program pengembangan kembali bawang putih yang merupakan komoditas nasional.

"Sembalun kita ingin jadikan sebagai daerah yang anti miskin, nol kemiskinan dan menjadi daerah utama penanaman bawang putih," katanya ketika mengadakan kunjungan kerja dalam rangka membangun kejayaan Sembalun, di Desa Sembalun Lawang, Kabupaten Lombok Timur, Rabu.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Wakil Gubernur NTB H Mohammad Amin, dan Wakil Bupati Lombok Timur H Haerul Warisin, serta sejumlah direksi BUMN.

Rini mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk terus memberikan dukungan kepada Kementan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dalam upaya membangun desa.

Salah satu bentuk dukungan yang diberikan adalah menyalurkan berbagai jenis bantuan sarana produksi pertanian dan alat mesin pertanian kepada para petani di perdesaan yang bersumber dari dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).

Khusus untuk bantuan yang diberikan BUMN kepada petani di Kecamatan Sembalun, berupa bantuan pembuatan sumur bor dan sepeda motor roda 3 dari PT BNI sebanyak 5 Unit. Selain itu, bantuan sepeda motor roda 3 dari PT Pupuk Indonesia sebanyak 5 Unit, serta penyerahan dan demo kartu tani dari PT BRI.

Kementerian Pertanian juga memberikan bantuan kepada petani di Kabupaten Lombok Timur, berupa cultivator sebanyak 20 Unit, traktor besar roda 4 sebanyak 2 unit, traktor roda 2 sebanyak 10 unit, dan pompa air sebanyak 16 unit.

Menteri BUMN Rini Soemarno juga meresmikan bantuan CSR BUMN Hadir Untuk Negeri, antara lain renovasi rumah dinas guru SDN 03 Sembalun Bumbung oleh PT BRI. Selain itu, peresmian renovasi kelas SDN 02 Sembalun Bumbung oleh PT Bank Mandiri, dan peresmian taman bacaan di SDN 03 dan SDN 03 Sembalun Bumbung oleh Perum Jamkrindo.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dan Kementerian Perdagangan juga menyerahkan bantuan kepada para petani.

"Saya di sini mengucapkan beribu terima kasih kepada direksi BUMN yang hadir karena sudah bisa cetak keuntungan pada 2016 sehingga bisa berikan bantuan di Sembalun," ucap Rini.

Melalui komitmen dan kerja sama yang kuat antar kementerian dan lembaga, Rini meyakini upaya memakmurkan bangsa Indonesia bisa terwujud. Tidak ada lagi orang miskin yang menjadi target pemerintahan Presiden Joko Widodo, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

"Presiden selalu menekankan kita harus bisa bersinegri bekerja sama. Jadi saya sangat berterima kasih Mentan, Menteri Desa, dan Menteri Perdagangan bisa bersinergi bersama-sama, terutama memanfaatkan BUMN untuk dapat bertindak secara ioptimal, sehingga bukan saja mencetak keuntungan tapi melakukan aktivitas yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran kepada bangsa," katanya. (*)