Sabtu, 24 Juni 2017

Panasonic Menghadirkan "Power Supply Station" Bagi Masyarakat Sumbawa Barat

id PT Panasonic
Panasonic Menghadirkan
Abdul Azis Secretary of West Sumbawa Regency (kiri), menerima paket donasi power supply station dari Mari Takada Economic Minister, Embassy of Japan in Indonesia. (Foto ANTARA NTB/ist)
"Program Power Supply Station terus kami jalankan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi daerah yang kekurangan sumber air bersih"
     Sumbawa Barat (Antara NTB) - Panasonic akan menyediakan Power Supply Station, sebuah paket daya fotovoltaik yang berdiri sendiri sebagai sumber daya untuk sistem pemurnian air kepada warga Desa Rarak Ronges, Kecamatan Brang Rea, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.
     Unit tersebut didonasikan oleh Asosiasi Petani Yayasan Pembangunan Indonesia. Donasi ini berjalan atas kerja sama antara The Grant Assistance for Grassroots Human Security Projects1 dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia. 
     Di Desa Rarak Ronges, air sumur merupakan kebutuhan sehari-hari. Namun untuk menjaga kestabilan sumber air bersih selalu menjadi tantangan karena faktor-faktor seperti pencemaran air yang disebabkan oleh limbah dari kamar mandi terdekat dan penipisan air bawah tanah selama musim kemarau.
     Mr Yasuhisa Miyawaki, President Director PT Panasonic Eco Solution Gobel Sales Indonesia, mengatakan Panasonic Eco Solution terus berkomitmen untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi masyarakat Indonesia.     
     "Program Power Supply Station terus kami jalankan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi daerah yang kekurangan sumber air bersih," katanya. 
     Pada tahun 2017, kata dia, Desa Rarak Ronges, dipilih karena ada potensi sumber daya, baik dari alam maupun masyarakatnya, sehingga Panasonic ingin memberikan kontribusi dengan menyediakan air bersih bagi kehidupan masyarakat di desa itu.
     Untuk memastikan sumber air bersih yang stabil, Asosiasi Petani Yayasan Pembangunan baru-baru ini menerapkan Yamaha Clean Water Supply System yang dirancang untuk memurnikan air sungai dan sistem ini ditawarkan secara global oleh Yamaha Motor Co., Ltd. 
     Yamaha Clean Water Supply System didukung oleh Power Supply Station Panasonic, yang dilengkapi dengan 12 HIT® modul surya Panasonic dan bisa menghasilkan sekitar 3kW listrik. 
     Power Supply Station Panasonic juga dilengkapi dengan 24 baterai penyimpanan (sekitar 17kWh) yang memungkinkannya untuk memasok daya yang tersimpan. Sistem pemurnian air menggunakan pompa Panasonic untuk menarik air dari sumber air atau sungai terdekat.
     Power Supply Station mampu menyalakan Yamaha Clean Water Supply System selama 24 jam untuk memastikan sumber air bersih yang stabil bagi Desa Rarak Ronges. 
     Untuk itu, air bersih dapat dijual untuk daerah sekitar untuk pemasukan tambahan sehingga bisa meningkatkan lingkungan hidup di Brang Rea. 
     Selain memasok listrik ke Yamaha Clean Water Supply System, Power Supply Station juga menyediakan tenaga listrik kepada masyarakat setempat melalui outlet listrik bersama. 
     "Hal itu tidak hanya membantu dalam memastikan kondisi hidup yang aman dan terjamin, namun juga berkontribusi pada revitalisasi masyarakat dengan memperbaiki kehidupan masyarakat desa," kata Mr Yasuhisa Miyawaki.
     Panasonic juga akan memprakarsai proposal untuk memfasilitasi pengembangan kawasan off-grid di Indonesia dan seluruh dunia. 
     Dengan penggunaan Power Supply Station, Panasonic bertujuan untuk menghasilkan sinergi di dalam Grup Panasonic, dalam hal perluasan bisnis elektronik dan bisnis lain yang ada. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga