Jumat, 18 Agustus 2017

Astra Berdayakan Warga Lombok Barat Berwirausaha Unggas

id Astra Motor
Astra Berdayakan Warga Lombok Barat Berwirausaha Unggas
.
"Pemberdayaan tersebut merupakan bagian Program "Income Generate Activity" (IGA) Astra Motor"
Lombok Barat (Antara NTB) - PT Astra Motor Cabang Mataram memberdayakan warga Desa Batu Mekar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, untuk berwirausaha unggas yakni ayam kampung yang memiliki prospek pasar.

Adm Finance Sub Dept Head Astra Motor Cabang Mataram I Nyoman Sukadana di Lombok Barat, Jumat, mengatakan program pemberdayaan tersebut sebagai bentuk kepedulian perusahaannya kepada masyarakat kurang mampu dan belum memiliki keterampilan dalam berwirausaha.

"Pemberdayaan tersebut merupakan bagian Program "Income Generate Activity" (IGA) Astra Motor," katanya.

Ia mengatakan Program IGA telah berjalan sejak 2010. Program tersebut dalam rangka menciptakan peluang usaha baru bagi masyarakat kurang mampu sehingga mandiri menjadi wira usaha di tengah sulitnya perekonomian masyarakat perdesaan untuk mencari penghasilan tambahan.

Khusus pada 2017, Astra Motor memilih kelompok masyarakat Dusun Nyurbaye Gawah dan Dusun Karang Temu, Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, sebagai sasaran pemberdayaan.

Astra Motor memberikan bantuan berupa 600 ekor ayam kampung unggulan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), Kementerian Pertanian. Ada juga bantuan berupa pakan dan kelengkapan beternak lainnya hingga masa panen.

"Kelompok masyarakat sasaran juga diberikan pelatihan, pembinaan hingga pemasaran dari tim yang telah berpengalaman dalam usaha ternak ayam," ujarnya.

Anggota kelompok penerima bantuan, Nawiah mengaku merasa tertolong dengan adanya Program IGA Astra Motor. Ia dan beberapa rekannya bisa menemukan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan ekonomi sehari-hari.

"Harapan saya dengan bantuan tersebut bisa dikembangkan dan menjadi usaha utamanya di kemudian hari," tutur Nawiah yang diamini rekannya, Abdulrahman. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga