Gubernur NTB Minta Kelayakan Bus Diperhatikan

id MUDIK NTB

Saya minta semua bisa dipastikan dengan baik, terutama dokumen seperti sim pengemudi dan juga yang utama kelayakan kendaraannya
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Muhammad Zainul Majdi meminta seluruh pengelola bus yang di pakai untuk mudik lebaran 2017 memperhatikan kelengkapan dokumen termasuk, kelayakan kendaraannya.
"Saya minta semua bisa dipastikan dengan baik, terutama dokumen seperti sim pengemudi dan juga yang utama kelayakan kendaraannya," kata Gubernur saat meninjau arus mudik di Terminal Induk Mandalika, Kota Mataram, Selasa.
Selain itu, gubernur juga meminta agar kenyamanan, keamanan para pemudik, khususnya penumpang diperhatikan apalagi saat dalam perjalanan. Terlebih lagi anak-anak. Karena, saat meninjau di terminal, dirinya melihat banyak di antara penumpang adalah anak-anak dan balikan.
"Karena banyak juga di antara penumpang anak-anak, saya minta ini di perhatikan atau paling tidak ada di buatan semacam tempat play grup anak-anak oleh pengelola bus, sehingga ada ruang bermain bagi anak sebelum menempuh perjalanan," ucapnya.
Selain memeriksa bus-bus, Gubernur beserta rombongan juga memeriksa posko-posko mudik yang ada di dalam terminal, seperti pos keamanan, kesehatan. Tidak ketinggalan, Gubernur juga menyempatkan diri berbincang dengan supir bus, penumpang dan pedagang yang berjualan di dalam areal terminal.
Sementara itu, Kepala Terminal Mandalika, Saiful Jihad, memastikan kelayakan bus-bus yang beroperasi baik AKDP maupun AKAP dalam kondisi layak jalan.
"Kalau tidak layak jalan, kita tidak berikan izin berikan rekomendasi untuk jalan," tegasnya.
Menurut dia, sebelum berangkat para supir termasuk kondektur bus harus melalui pemeriksaan kesehatan dan narkoba. Hal ini dilakukan agar para supir mengemudikan kendaraannya dengan baik.
"Umumnya para supir ini diperiksa setiap hari, bukan pada saat mudik saja," tandasnya. (*)