NTB Rencanakan Pembangunan Pasar Induk di Sumbawa

id PASAR INDUK SUMBAWA

Selama ini ketiadaan pasar induk di Kabupaten Sumbawa menjadi titik lemah penyebab harga komoditas pertanian di daerah itu sering jatuh di pasaran
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Perdagangan merencanakan pembangunan pasar induk di Kabupaten Sumbawa, sehingga diharapkan dapat menampung seluruh hasil pertanian di daerah itu.

"Selama ini ketiadaan pasar induk di Pulau Sumbawa, terutama di Kabupaten Sumbawa menjadi titik lemah penyebab harga komoditas pertanian di daerah itu sering jatuh di pasaran," kata Kepala Dinas Perdagangan Hj Putu Selly Handayani di Mataram, Minggu.

Menurut dia, hasil pertanian di Pulau Sumbawa itu potensinya sangat besar, tetapi seringkali ketika di pasarkan harganya masih jauh dengan harga yang ada di Pulau Lombok.

"Kalau di Bima dan Mataram sudah ada pasar induk. Satu lagi pasar induk perlu dibangun di Sumbawa, karena kalau ke Bima atau Lombok Timur lokasinya cukup jauh dari Sumbawa," ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB itu mengatakan kalau ada pasar induk di Sumbawa, maka hasil pertanian di daerah itu akan bisa tertampung, sebelum dipasarkan ke luar daerah.

"Karena tidak ada pasar induk menjadi masalah. Tetapi kalau ada pasar induk bisa ada intervensi dari pemerintah," katanya.

Untuk bisa memaksimalkan fungsi pasar induk Sumbawa, pemerintah juga akan membangun terminal sehingga bisa terintegrasi. Namun, penataannya harus lebih modern.

Menurut Selly, saat ini proses perencanaan pembangunan pasar induk di Sumbawa sedang diproses Pemerintah Kabupaten Sumbawa. Tahun ini diharapkan sudah bisa dikerjakan.

Luas lahan yang disiapkan untuk pembangunan pasar induk di Sumbawa itu adalah 5 hektare.

"Untuk dananya diusahakan melalui `sharing` APBD Perubahan provinsi dan APBD Perubahan Kabupaten Sumbawa. Bahkan, rencana pembangunan pasar induk mendapat dukungan dari pemerintah pusat melalui APBN," katanya.

Sementara itu, anggota DPR RI Dr Zulkiflimansyah mengatakan siap memuluskan rencana pembangunan pasar induk di Kabupaten Sumbawa. Bahkan, dirinya sangat mendukung jika pasar induk dibangun di Sumbawa.

"Saya akan bertemu dengan Menteri Perdagangan agar bisa diusahakan lebih cepat untuk pembangunan pasar induk di Sumbawa," katanya.

Selain itu, dirinya juga siap mengawal anggaran di DPR RI, agar pemerintah memberikan bantuan untuk pembangunan pasar induk tersebut.

"Pasar itu merupakan ujung tombak masyarakat," kata Zulkiflimansyah.(*)