Minggu, 24 September 2017

Tim Sar Evakuasi Tiga Pendaki di Gunung Pundu Nence Bima

id HUT RI
Tim Sar Evakuasi Tiga Pendaki di Gunung Pundu Nence Bima
Tim SAR mengevakuasi salah seorang pendaki menggunakan tandu. (Foto ANTARA NTB/ist)
"Ketiganya merupakan rombongan dari ribuan peserta pendaki dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia"
Mataram (Antara NTB) - Tim Search and Rescue (SAR) berhasil mengevakuasi tiga perempuan yang melakukan pendakian di Gunung Pundu Nence, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat untuk memperingati HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia, Kamis.

Kepala Basarnas Kantor SAR Mataram Gusti Anwar Mulyadi menyebutkan ketiga pendaki itu adalah Risma (17) warga Mende, Reni (18) dari Kelurahan Tanjung, dan Jumiati (19) warga Kelurahan Weki, Kota Bima.

"Ketiganya merupakan rombongan dari ribuan peserta pendaki dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Indonesia," katanya.

Basarnas Kantor SAR Mataram menerima laporan dari ibu rumah tangga bernama Chandra, salah seorang anggota Orari Bima bahwa pada pukul 13.00 WITA, seorang pendaki Gunung Pundu Nence Bima mengalami cedera dan membutuhkan bantuan evakuasi.

Berdasarkan laporan tersebut, satu tim pencari dari Pos SAR Bima diperintahkan ke lokasi kejadian untuk memberikan bantuan.

"Pada pukul 16.30 WITA, tim Basarnas dan potensi SAR tiba di lokasi kejadian dan langsung mengevakuasi korban," ujarnya.

Koordinator Pos SAR Bima Heriyanto melaporkan ke kantor SAR Mataram bahwa selain ada yang cedera, ketiga korban mengalami kelelahan dan keram dalam perjalanan.

"Sekitar pukul 18.30 WITA, ketiga korban berhasil dievakuasi turun sampai ke permukiman warga dan selanjutnya dibawa ke puskesmas posko menggunakan mobil ambulans," katanya.

Sebelumnya, rombongan pendaki yang berjumlah 1.100 orang melakukan pendakian Gunung Pundu Nence sejak 15 Agustus 2017.

Namun dari pihak panitia tidak mengajukan permohonan pengamanan SAR atau koordinasi terkait kegiatan yang cukup berisiko tersebut. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga