Banda Aceh (ANTARA) - Technical Delegate (TD) bisbol PON XXI Aceh-Sumut 2024, Yonatan Hibau L menyebut pertandingan hari pertama cabang olahraga tersebut pada Minggu (1/9) dalam ajang PON XXI di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, berjalan lancar.

TD bisbol PON XXI Yonatan Hibau di Banda Aceh, Minggu, mengatakan pertandingan hari pertama dibuka oleh tim Provinsi Banten melawan Lampung. Kemudian disusul tim Jawa Barat melawan Sumatera Utara serta DKI Jakarta melawan Bali.

Alhamdulillah berjalan dengan lancar pertandingan hari pertama kali, ada tiga pertandingan. Semoga 13 hari ke depan akan lebih menarik lagi dan penonton bisa lebih banyak lagi datang disini,” kata Yonatan.

Ia menjelaskan tim bisbol Banten berhasil menang atas Lampung dengan skor 16-14 dalam enam inning.

Kemudian, tim Sumatera Utara takluk dari Jawa Barat dengan skor 2-23 dalam empat inning, serta juara bertahan DKI Jakarta menang telak lawan Bali dengan skor 23-0 dalam empat inning.

Sejauh ini, menurut Yonatan, pertandingan bisbol pada PON XXI di Aceh tidak perlakuan khusus atau berbeda dari pertandingan di daerah-daerah lain. Kendati demikian, panitia tetap menyesuaikan dengan kearifan lokal dan budaya daerah setempat yang kental denga syariat Islam.

“Kita mengikuti budaya dari daerah masing-masing, seperti di Aceh ketika ada adzan kita hentikan sejenak (pertandingan, red), kita menghormati dan menghargai teman-teman Muslim disini,” ujarnya. Atlet bisbol Banten melakukan selebrasi usai berhasil mencetak poin saat melawan Lampung pada babak penyisihan bisbol putra PON XXI Aceh-Sumut 2024 di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Aceh. Minggu (1/9/2024). (ANTARA/Khalis Surry)

Selama beberapa hari ke depan, Yonatan berharap cuaca di daerah Tanah Rencong itu tetap cerah. Kondisi tersebut sangat dibutuhkan agar jadwal pertandingan selanjutnya yang telah disusun dalam berjalan dengan baik, tanpa terkendala hujan deras atau cuaca buruk.

“Mudah-mudah ke depan tidak ada kondisi hujan karena kalau ada hujan bisa mengganggu jadwal pertandingan dalam PON XXI ini,” ujarnya.

Baca juga: Tim Jawa Tengah seri 0-0 lawan Sulawesi Barat dalam sepak bola PON
Baca juga: Pegolf Hansel jadikan prestasinya sebagai modal jelang PON

Pada PON XXI Aceh-Sumut, cabang olahraga bisbol diikuti oleh tujuh daerah, di antaranya Aceh, Sumatera Utara, Bali, Jawa Barat, Banten, Lampung dan juara bertahan DKI Jakarta.

Untuk pertandingan pada Senin (2/9) besok, tim tuan rumah Aceh akan melawan Bali pada pukul 08.00 - 11.00 WIB, selanjutnya Sumut akan menantang juara bertahan DKI Jakarta pukul 11.15 - 14.15 WIB, serta Banten melawan Jawa Barat pada pukul 14.30 - 17.30 WIB.

 

Pewarta : Khalis Surry
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024