Banda Aceh (ANTARA) - Tim bola basket putra Sulawesi Utara membungkam juara Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 Papua, Jakarta lewat drama 17-15 pada babak semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut 2024 di GOR Harapan Bangsa, Banda Aceh, Kamis.

Jakarta menekan sejak tiga menit pertama dan mengambil keunggulan dua poin, 5-3. Sulut kemudian mampu tampil keluar dari tekanan dan terus menambah poin demi poin melalui lay-up hingga skor berbalik unggul usai Luis Golung membuat tembakan dua poin dan membawa keunggulan 11-7.

Jakarta mencoba untuk menyamakan kedudukan dengan serangan-serangan dari luar terutama tembakan dua angka. Sayang tembakan-tembakan yang kerap dilepaskan Erick Ibrahim Junior dan kawan-kawan tak kunjung menambah poin untuk Jakarta.

Jakarta mampu memperkecil kedudukan menjadi 14-15. Sulut memastikan langkah ke final usai lay-up dari Luis Golung yang membuat kedudukan menjadi 17-15 dan bertahan hingga pertandingan usai.

Baca juga: Pelatih basket Jatim Arie Herman akan benahi skema bertahan jelang laga final
Baca juga: PON XXI: Basket putri Jakarta fokus pemulihan jelang final

Kekalahan ini juga membuat Jakarta gigit jari di nomor 3x3 usai tim putri Jakarta sebelumnya gagal melangkah ke babak perempat final.

Di babak final nantinya Sulut akan bersua menghadapi Jawa Timur. Jawa Timur juga secara dramatis membungkam peraih medali perak PON 2020, Jawa Barat dengan skor 21-20.


 

 

Pewarta : Fajar Satriyo
Editor : I Komang Suparta
Copyright © ANTARA 2024