Mataram (Antaranews NTB) - Pemerintah Kota Mataram, melepas 15 orang peserta Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXV Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kegiatan pelepasan belasan peserta STQ tersebut lakukan oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Mataram Lalu Martawang di ruang kenari II Kantor Wali Kota Mataram di Mataram, Kamis.

Panitia pelepasan STQ XXV H Junaidi dalam kesempatan itu mengatakan, sebanyak 15 orang peserta STQ XXV Tingkat Provinsi NTB akan mengikuti beberapa cabang mata lomba.

Rinciannya adalah tilawah anak-anak dan dewasa putra putri sebanyak empat orang, kemudian tahfiz 1 juz, 10 juz, 20 juz, dan 30 juz putra putri sebanyak 10 orang dan cabang tafsir bahasa Arab sebanyak 1 orang.

"STQ XXV Tingkat Provinsi NTB dilaksanakan mulai 22-26 November 2018 di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center," ujarnya.

Sementara dalam sambutan Wali Kota Mataram saat pelepasan STQ XXV? yang dibacakan oleh Asisten Tata Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Lalu Martawang mengucapkan selamat kepada kafilah Kota Mataram, karena telah membuktikan sebagai yang terbaik di tingkat Kota Mataram dan mendapatkan kesempatan untuk berlomba di tingkat yang lebih tinggi bersama peserta dari kabupaten/ kota lainnya se-Provinsi NTB.

"Insya Allah seluruh peserta bisa mendapatkan hasil yang terbaik dan bisa membawa nama baik Kota Mataram ke tingkat yang lebih tinggi. Apalagi telah dilakukan `training centre`," katanya.

Selain itu, Martawang juga menjelaskan jumlah penduduk Muslim di Kota Mataram sebanyak 80 persen lebih menjadi potensi sebagai sumber daya manusia yang memegang peranan akan keberhasilan berbagai program pembangunan.

Karenanya kegiatan STQ ini dapat dijadikan sebagai ajang untuk terus meningkatkan kecintaan terhadap Al Quran yang menjadi pedoman hidup bagi setiap kaum Muslimin dan Muslimat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

"Saya berharap keikutsertaan kafilah Kota Mataram dalam STQ XXV tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini tidak sekedar menjadi ajang untuk mengejar kemenangan. Namun kegiatan ini merupakan ajang mempererat `ukhuwah Islamiyah` di antara sesama Muslim di NTB," ujarnya.

Di akhir sambutannya Martawang berpesan kepada kafilah dari Kota Mataram untuk senantiasa menjunjung tinggi semangat sportivitas dan semangat persaingan yang positif pada saat mengikuti kegiatan STQ nantinya.
 

Pewarta : Nirkomala
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024