Mataram (ANTARA) - Sebanyak 350 orang yang berasal dari 10 Kecamatan di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, mengikuti acara sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Gedung Seni dan Budaya, Kecamatan Narmada, Rabu (6/3).

Dalam laman Diskominfo Lobar, acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lobar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lobar, Wakil ketua Komisi IX DPR RI, Wakil Direktur Poltekkes Menkes Mataram, Sekretaris Kecamatan Narmada dan Kepala Desa Lembuak.


Ketua Panitia Mutiara menuturkan program ini adalah salah satu program pemerintah pusat dan merupakan Nawacita Presiden Joko Widodo yang mensosialisasikan Germas untuk hidup sehat dan sebagai upaya untuk menyehatkan bangsa Indonesia, serta bertujuan untuk bagaimana masyarakat bisa lebih mengerti dan tahu tentang apa yang harus dilakukan supaya bisa hidup sehat.


Salah seorang peserta Germas, Diani  mengaku bahwa dirinya dan peserta sosialisasi khususnya dan masyarakat Kabupaten Lobar umumnya sangat senang dan berterima kasih kepada pemerintah.

Sebab dengan program ini dirinya yang sebagai anggota masyarakat paling bawah  dapat pengetahuan tentang bagaimana cara hidup sehat yang sebenarnya .


Bupati Lobar Fauzan Khalid menyambut baik program ini dan menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat umumnya juga kepada Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Hj Ermalena.


Menurut Bupati, program ini sangat luar biasa manfaatnya terhadap  masyarakat Kabupaten Lobar khususnya yang sebelumnya mereka belum tahu tentang bagaimana cara hidup yang sehat sebenarnya. Dan kali ini daerah Lobar kembali dipercaya oleh Pemerintah Pusat  untuk program Germas ini.


Fauzan menambahkan ada program-program baru yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Lobar, akan mengajak pihak sekolah mulai dari tingkat SMP dan SMA sederajat.

Melalui program sadar Gizi sudah ada 10 sekolah yang menjalankan program ini dan ditahun 2019 ini ada tambahan 39 sekolah yang akan melaksanakan program Sadar Gizi ini dan cara yang dilakukan oleh Pemda melalui Dinas Kesehatan Lonbar.

Pihaknya turun ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan bagaimana cara hidup sehat dan sesering mungkin untuk berolahraga bersama.

Bupati Lombok Barat mengajak seluruh masyarakat Lobar bahwa dalam rangka HUT Lobar ke-61 untuk bersama-sama  mengikuti kegiatan olahraga tersebut.

 


Pewarta : Antara
Editor : Riza Fahriza
Copyright © ANTARA 2024