Iran berjanji bakal amankan Selat Hormuz

Rabu, 24 Juli 2019 13:55 WIB

Mataram (ANTARA) - Iran akan mengamankan Selat Hormuz dan tidak akan membiarkan gangguan apapun dalam pengiriman di jalur perairan utama tersebut, kata Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi, Selasa, selama kunjungan ke Paris, menurut Kantor Berita IRNA.

Prancis, Italia, Belanda dan juga Denmark mendukung misi angkatan laut pimpinan Eropa untuk memastikan bahwa pengiriman melalui Selat Hormuz aman, kata tiga diplomat senior Uni Eropa pada Selasa setelah Inggris mengusulkan gagasan itu pascapenyitaan tanker minyak berbendera Inggris oleh Iran.

"Iran akan melakukan upaya terbaiknya untuk mengamankan kawasan tersebut, terutama Selat Hormuz, dan tidak akan membiarkan gangguan apapun dalam pengiriman di wilayah sensitif ini," kata Araqchi kepada Menteri Luar Negeri Prancis, Jean-Yves Le Drian, seperti dilansir IRNA.

Araqchi kemudian bertemu Presiden Prancis Emmanuel Macron dan menyampaikan pesan Presiden Hassan Rouhani kepadanya, demikian IRNA.

"Mereka (Macron dan Araqchi) keduanya menekankan jalur diplomasi untuk menghadirkan perdamaian ke dunia," tambah IRNA.

Le Drian sebelumnya menuturkan bahwa Prancis sedang berkoordinasi meningkatkan keamanan maritim di Teluk dengan sejumlah ibu kota Eropa namun berhenti sejenak untuk mendukung seruan misi angkatan laut dari Inggris guna memastikan pengiriman di kawasan tersebut aman.

Hampir seperlima minyak yang dikonsumsi secara global melintasi Selat Hormuz.

Washington pada 9 Juli mengusulkan peningkatan upaya untuk melindungi perairan strategis di Iran dan Yaman, di mana AS menyalahkan Iran dan proksinya atas serangan tanker baru-baru ini. Iran membantah tuduhan tersebut.

"Ini bertentang dengan inisiatif Amerika yang soal tekanan maksimum untuk membuat Iran kembali pada sejumlah tujuan," kata Le Drian.

Pewarta : Antara
Editor : Ihsan Priadi
Copyright © ANTARA 2024

Terkait

Iran: 'Drone' kami tak ada yang hilang

19 July 2019 15:55 Wib, 2019
Terpopuler

Pemprov NTB tanggapi soal penetapan Direktur PT GNE sebagai tersangka

Kabar NTB - 02 May 2024 20:05 Wib

Polda NTB tetapkan direktur GNE Samsul Hadi tersangka kasus penyediaan air bersih

Hukum Kriminal - 01 May 2024 6:53 Wib

Tiket tur konser Sheila On 7 lima kota habis

Budaya & Pariwisata - 01 May 2024 19:45 Wib

Kejari Dompu-NTB periksa 20 saksi kasus korupsi proyek irigasi

Kabar NTB - 04 May 2024 8:19 Wib

Menpora Dito puji semangat pantang menyerah Garuda Muda berhadapan Irak

Sepakbola - 03 May 2024 5:09 Wib