Terombang-ambing di laut, nelayan Sikka ditemukan dalam kondisi selamat

id Terombang-ambing di laut,Nelayan,Sikka,NTT,Basarnas

Terombang-ambing di laut, nelayan Sikka ditemukan dalam kondisi selamat

Robertus Woga, nelayan asal Paga, Kabupaten Sikka yang berhasil ditemukan tim SAR sedang menjalani pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Paga, Selasa (4/2/2020). (ANTARA/HO- Basarnas Maumere)

Kupang (ANTARA) - Tim SAR gabungan di Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur berhasil menemukan Robertus Woga, warga Desa Paga, Kabupaten Sikka, Flores, setelah dilaporkan hilang saat mencari ikan di perairan Paga, Selasa.

Kepala kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, Flores, Nusa Tenggara Timur, I Putu Sudayana dalam penjelasannya yang diperoleh Antara di Kupang, Selasa, mengatakan korban ditemukan bersama sampan yang ditumpanginya dengan kondisi mati mesin di perairan Paga.

Ia mengatakan korban Robertus Woga ditemukan tim SAR gabungan sekitar 1 mil laut dari Paga.

"Tim SAR menemukan korban masih berada di atas sampan dan sedang berupaya menuju daratan, namun tidak berhasil," ujar I Putu Sudayana.

Setelah ditemukan, kata I Putu Sudayana, tim SAR gabungan langsung mengevakuasi Robetus Woga menuju pantai Desa Paga.

"Korban langsung dibawa ke Puskesmas Paga untuk menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis," tegasnya.

I Putu Sudayana mengapresiasi tim SAR dan masyarakat Desa Paga yang mendukung operasi pencarian hingga Robertus Woga berhasil ditemukan dalam kondisi selamat.

"Kami mengimbau kepada nelayan yang ada di Kabupaten Sikka untuk selalu mematuhi cuaca yang diinformasikan oleh BMKG saat melaut dan melakukan aktifitas melaut sehingga apabila terjadi masalah di laut dapat diatasi dengan cepat dan berharap tidak ada lagi kejadian seperti ini," kata I Putu Sudayana.

Robertus Woga dilaporkan hilang saat mencari ikan di perairan Paga pada Selasa pagi.

Korban dilaporkan hilang pada koordinat 8°47'42.15" S - 122°3'16.86" E dengan jarak 43 KM dari Maumere dan berjarak 1,09 NM dari Pelabuhan Paga Kabupaten Sikka.*