Gubernur Zulkieflimansyah mengapresiasi kontribusi pers bagi kemajuan NTB

id NTB,Gubernur NTB,Zulkieflimansyah,Hari Pers Nasional,HPN,Pers,Wagub NTB,Sitti Rohmi Djalilah

Gubernur Zulkieflimansyah mengapresiasi kontribusi pers bagi kemajuan NTB

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Zulkieflimansyah. (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat, H. Zulkieflimansyah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh insan pers yang telah berkontribusi nyata dan aktif mendesiminasikan informasi yang bermanfaat bagi kemajuan pembangunan di provinsi itu.

"Kemajuan yang dicapai NTB hingga saat ini tidak terlepas dari peran media dan para insan pers yang luar biasa," kata Zulkieflimansyah di Mataram, Minggu.

Gubernur NTB yang akrab disapa Bang Zul itu, mengatakan peran paling strategis pers adalah sajian informasinya yang mengedukasi dan diharapkan lebih banyak mengangkat isu-isu yang terkait dengan local wisdom. Termasuk, membangun optimisme dan spirit bagi semua pihak untuk ikut mengambil peran aktif dalam membangun daerah.

Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, menegaskan pers merupakan mitra terbaik untuk membangun bangsa. Sebagai mitra terbaik, maka peran terpenting dari pers, menurutnya adalah bagaimana membantu dan berkolaborasi untuk menyukseskan seluruh agenda pembangunan nasional dan daerah.

"Pers harus menyajikan informasi yang positif, konstruktif dan menghindari berita bohong (hoaks), serta menghapus ujaran kebencian," tegasnya.

Menurut Wagub, insan pers tidak bisa dipisahkan dari pemerintah karena memiliki peran yang sangat penting. Salah satunya adalah mensosialisasikan berbagai program pembangunan. Termasuk, menjalankan fungsi edukasi atau pendidikan serta sebagai perekat sosial melalui berita positif yang disajikan ke khalayak publik.

Lebih lanjut, Wagub NTB menilai, peran pers di NTB sudah semakin maju dan berkontribusi positif bagi pembangunan daerah. Karenanya, melalui peringatan Hari Pers Nasional tahun 2020, atas nama Pemerintah Provinsi NTB, Umi Rohmi sapaan akrabnya, menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi.

Utamanya kepada seluruh insan media di NTB dan segenap jaringannya yang telah mengambil bagian dan kontribusi nyata untuk mewujudkan NTB Gemilang. Karena dengan sajian informasi berimbang yang bernilai edukatif bagi masyarakat, menurutnya sebuah keniscayaan yang wajib dilakukan, katanya.

"Peran pers dalam mengedukasi itu sangat luar biasa. Jika informasi berbagai program unggulan NTB terus dikumandangkan, insya Allah NTB gemilang segera terwujud," katanya.