Bappeda Litbang KSB sosialisasikan aplikasi e-Musrenbang

id Bappeda,Litbang,Sumbawa Barat,KSB,e-musrenbang,aplikasi

Bappeda Litbang KSB sosialisasikan aplikasi e-Musrenbang

Sekretaris Badan Bappeda Litbang Kabupaten Sumbawa Barat, Mars Anugeriansyah SHut MSi

Taliwang (ANTARA) - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Kabupaten Sumbawa Barat mengenalkan aplikasi input data hasil Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) berbasis online "e-musrenbang" kepada sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD), kepala desa dan tokoh masyarakat.

 “E-musrenbang ini adalah aplikasi yang mempermudah OPD dan desa dalam mengetahui dan memastikan usulan-usulan mana saja yang nantinya disetujui untuk dibawa ke Musrenbang Kabupaten dan direalisasikan,” kata Sekretaris Badan Bappeda Litbang, Mars Anugeriansyah SHut MSi dalam acara musrenbang, Selasa (12/2).

Aplikasi tersebut juga untuk menghindari terjadinya usulan yang ganda. OPD dapat melihat dan mengakses langsung aplikasi untuk memastikan hasil Musrenbang. Jika ada usulan yang tidak dapat disetujui oleh Bappeda melalui Musrenbang, desa dapat mengusulkan melalui OPD terkait atau Pokok Pikiran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Prosesnya masih panjang, semua usulan-usulan tersebut nantinya akan melalui proses seleksi, kroscek atau tinjau lapangan oleh dinas terkait untuk memastikan keabsahannya," katanya.

Semua usulan yang disetujui dalam musrenbang akan diinput dan dipublikasikan ke dalam aplikasi yang dapat diakses langsung oleh masyarakat.

"E-Musrenbang ini sangat memudahkan kita semua, dan bagian dari keterbukaan infomasi, sehingga nantinya kita dapat melihat rekam atau jejaknya dari awal pengusulan hingga akhir," katanya.