Mataram akan menerima penghargaan kearsipan nasional

id arsip,mataram,penghargaan

Mataram akan menerima penghargaan kearsipan nasional

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Hj Siti Miftahayatun. (Foto: ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menerima penghargaan kearsipan nasional dalam bidang pengawasan kearsipan tahun 2019 dengan kategori memuaskan dari Kepala Arsip Nasional RI.

"Penghargaan itu akan diterima langsung oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh pada Rabu (25/2) di Surakarta, Jawa Tengah, dalam acara rapat koordinasi nasional pengawasan kearsipan," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram Hj Siti Miftahayatun di Mataram, Selasa.

Dikatakannya, berdasarkan surat yang dikirim Kepala Arsip Nasional RI tanggal 10 Februari 2020 menyebutkan pemberian penghargaan tersebut berdasarkan telah ditetapkannya hasil nilai pengawasan kearsipan pada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah tahun 2019.

Hal itu sebagai salah satu upaya mengukur kesesuaian antara penerapan standar kearsipan di lingkungan pencipta arsip dengan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.

"Dasar itulah Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), mengundang Pak Wali (Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh-red) untuk menerima penganugerahan pengawasan kearsipan tahun 2019, dalam kategori memuaskan," katanya.

Miftahayatun yang didampingi Arsiparis Muda Puji Yani mengakui, dalam pelaksanaanya memang belum semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Mataram mengelola arsip secara sempurna.

"Tetapi komitmen kita untuk siapkan regulasi dasar-dasar hukum dalam pengelolaan arsip sudah lengkap. Mulai dari aturan pemerintah, aturan ANRI dan perwali sudah lengkap," katanya.

Sekarang, tinggal bagaimana mensosialisasikan OPD agar dapat melaksanakan pengelolaan arsip di dinas masing-masing secara sempurna sesuai regulasi yang ada.

"Hal itulah, yang sedang kami dorong di setiap OPD," katanya sambil menyebutkan jumlah arsiparis se-Kota Mataram sebanyak 25 orang.

Dengan adanya penghargaan tersebut membuktikan, meskipun kiprah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan tidak kelihatan tapi tetap bekerja.

Bahkan sebelumnya, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram berhasil menjadi juara dua tingkat Nasional tahun 2017 dalam lomba kearsipan daerah tingkat nasional wilayah IB dan mendapatkan penghargaan kearsipan tahun 2019 di Makassar.

"Penghargan-penghargaan yang sudah kita terima menjadi motivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja," ujarnya.*