Empat rumpun ilmu di UI masuk ranking dunia

id Ui depok,Rangking ui,Ui rangking dunia

Empat rumpun ilmu di UI masuk ranking dunia

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro (ANTARA/ Foto: Feru Lantara)

Depok (ANTARA) - The Quacquarelli Symonds World University Ranking (QS WUR) by Subject tahun 2020 mengumumkan empat rumpun ilmu (broad subject area) Universitas Indonesia (UI) berhasil masuk dalam jajaran pemeringkatan internasional.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro dalam keterangan tertulis, Jumat mengemukakan UI memiliki keunggulan dalam menyelenggarakan program pendidikan berbagai rumpun ilmu yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat bidang ilmu.

Keempat rumpun ilmu tersebut adalah Social Sciences & Management (peringkat 203 dunia), Life Sciences & Medicine (peringkat 451-500 dunia), Arts & Humanities (peringkat 286 dunia) dan Engineering & Technology (peringkat 295 dunia).

Ia mengatakan kolaborasi berbagai ragam keilmuan yang tersedia di Kampus UI diharapkan dapat menghasilkan pengembangan ilmu, terobosan-terobosan invensi, dan berbagai inovasi kreatif yang bermanfaat bagi rakyat dan Bangsa Indonesia.

Selain itu kata rektor, terdapat 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk pemeringkatan dunia namun sebagai satu kesatuan perguruan tinggi UI meyakini bahwa setiap program studi yang diselenggarakan adalah unggul dan memiliki kualitas terbaik dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Setiap program studi yang diselenggarakan UI, baik program pendidikan vokasi, sarjana, maupun pascasarjana, mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing global," katanya.

Selain itu, terdapat pula 12 bidang studi di UI yang berhasil masuk dalam jajaran pemeringkatan dunia. Capaian ini menunjukkan bahwa UI sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia berhasil direkognisi dunia dan masuk dalam jajaran Perguruan Tinggi unggul di antara 1,368 institusi dari 83 negara.

Pada rumpun ilmu Social Sciences & Management, 4 bidang studi di UI berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia, yaitu Accounting & Finance (peringkat 151-200 dunia), Politics & International Studies (peringkat 151-200 dunia), Economics & Econometrics (peringkat 351-400 dunia), dan Sociology (peringkat 251-300 dunia).

Pada rumpun ilmu Life Sciences & Medicine, bidang studi Kedokteran Fakultas Kedokteran UI memperoleh peringkat 251-300 dunia dan merupakan yang tertinggi di Indonesia. Lebih lanjut, dua bidang studi pada rumpun ilmu Arts & Humanities berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia yaitu Modern Languages (peringkat 101-150 dunia) dan Architecture/Built Environment (peringkat 151-200 dunia).

Pada rumpun ilmu Engineering & Technology, 4 bidang studi berhasil masuk dalam pemeringkatan dunia. Bidang studi Computer Science & Information Systems meraih peringkat 251-300 dunia, bidang studi Electrical & Electronic Engineering (peringkat 251-300 dunia) dan Mechanical, Aeronautical & Manufacturing Engineering (peringkat 351-400 dunia). Bidang studi Chemical Engineering berhasil menduduki peringkat 351-400 dunia. Satu lagi dari pemeringkatan rumpun ilmu Natural Sciences, UI berhasil mencatatkan Bidang Studi Geography pada peringkat 151-200 dunia.

The QS World University Rankings by Subject 2020 mencakup 48 bidang ilmu yang dikelompokkan menjadi 5 rumpun ilmu. Pemeringkatan ini dirilis oleh QS untuk membantu masyarakat mengenali universitas terkemuka pada rumpun ilmu dan/atau bidang ilmu tertentu.

Pemeringkatan perguruan tinggi di dunia berdasarkan bidang ilmu ini ditentukan berdasarkan penilaian atas sitasi, produktivitas, dampak penelitian (h-index), dan hasil survei global yang dilakukan kepada pengguna lulusan dan kalangan akademisi. Pengumuman tentang QS World University Ranking by Subject 2020 dapat diakses pada laman: https://www.topuniversities.com/subject-rankings/2020.