Ini beberapa cara cegah virus covid-19, kata Dandim 1628/SB

id Dandim SB,Corona,Taliwang

Ini beberapa cara cegah virus covid-19, kata Dandim 1628/SB

Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto.

Taliwang (ANTARA) - Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol CZI Eddy Oswaronto menyebutkan ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona.

“Virus Corona bisa saja menyebar jika tidak ditangani secara serius, dan tidak tau cara mencegahnya, Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat waspada dan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) agar tidak tertular,” Katanya saat melakukan olahraga rutin pagi untuk menjaga kesehatan fisik di Taliwang, Minggu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penularan virus corona, kata Dandim, di antaranya tidak bepergian ke Negara lain yang terkena wabah virus Corona, selalu menggunakan masker saat ke luar rumah, pastikan mencuci tangan dengan air dan sabun secara menyeluruh,” jelas.

Baca juga: Bupati KSB: jangan panik tentang penyebaran virus corona

Media penularan virus Corona bervariasi, ada yang melalui udara, benda-benda logam, dan penggunaan fasilitas umum yang bersamaan. Dandim menghimbau agar menggunakan masker dengan baik dan benar saat ke luar rumah dan berhati-hati menggunakan peralatan atau fasilitas umum di tempat ramai.

Selain itu, hindari keras menyentuh mata, mulut, selaput lendir terbuka sebelum mencuci tangan dengan sabun atau disinfektan usai beraktivitas atau sebelum makan.

“Cuci tangan secara menyeluruh di bagian belakang dan sela-sela jari dan bersihkan kuku, jangan pakai masker lebih dari satu hari, atau membuangnya jika sudah terasa kotor,” tutupnya.

Terkadang air liur orang yang sakit dapat juga menempel pada barang-barang atau fasilitas umum seperti kenop pintu, pulpen,mouse,pegangan kereta,tisu, gelas, perangkat digital, tombol lift, dan pegangan tangga, alat makan dan handuk.

“Untuk menghindarkan tertularnya virus rajin menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan dengan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istrahat yang cukup. Serta jaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Selain itu, minum air 8 gelas perhari, makan makanan yang dimasak sempurna, dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan virus Corona.

“Bila demam, disertai batuk dan sesak napas maka segera lakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan terdekat,” katanya.