Tekuk unggulan kedua, Praveen/Melati merebut tiket semifinal All England

id praveen jordan,melati daeva oktavianti,all england,bulutangkis,badminton

Tekuk unggulan kedua, Praveen/Melati merebut tiket semifinal All England

Arsip - Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti melaju ke perempat final All England Open 2020 setelah menaklukkan pasangan Malaysia Tan Kian Meng/Lai Pei jIng dengan skor 21-19, 18-21, 21-10 di Arena Birmingham, Inggris, Kamis (12/3/2020) malam. (PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti sukses merebut tiket ke babak semifinal turnamen All England Open 2020 setelah memenangkan pertempuran melawan unggulan kedua asal China Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping.

Pada partai perempat final yang bergulir selama 72 menit di Arena Birmingham, Inggris, Jumat (13/3), Praveen/Melati menyingkirkan Wang/Huang dalam tiga gim dengan perolehan 15-21, 21-19, 21-19.

Di atas kertas, Wang/Huang memang lebih unggul. Saat ini, pasangan China itu menduduki peringkat kedua dunia, sedangkan Praveen/Melati berada di rangking kelima.
 

Pada gim pertama, Praveen/Melati terus diserang oleh Wang/Huang. Pukulan-pukulannya yang tajam itu pun tidak dapat ditepis oleh Praveen/Melati. Tampaknya sulit sekali bagi wakil Indonesia itu untuk dapat poin. Tak mampu lagi bertahan, Praveen/Melati kalah dengan skor awal 15-21.

Di gim kedua, pasangan China itu masih terus menggempur pertahanan Praveen/Melati. Namun kali ini Praveen/Melati tak mau menyerah begitu saja. Mereka menunjukkan perlawanan sengit. Skor keduanya pun menempel ketat sepanjang pertandingan. Perjuangan Praveen/Melati akhirnya berbuah positif. Mereka unggul dengan skor 21-10.

Pada gim penentu, Praveen/Melati semakin agresif. Kemenangan di gim kedua sepertinya mampu menambah kepercayaan diri pasangan rangking kelima dunia itu. Perlahan tapi pasti, Praveen/Melati terus mencuri poin dari Wang/Huang. Setelah kedudukan imbang 16-16, Praveen/Melati melesat hingga akhirnya menang dengan skor penutup 21-19.

Hasil pertandingan tersebut tentu saja menjadi catatan kemenangan kedua bagi Praveen/Melati. Karena dari tujuh pertemuan sebelumnya, Praveen/Melati baru satu kali mengalahkan pasangan rangking kedua dunia itu.

Kedua ganda campuran itu terakhir kali bertemu pada turnamen Denmark Open 2019. Waktu itu Praveen/Melati menang rubber game dengan skor 21-18, 18-21, 21-19.

Selanjutnya di babak semifinal All England Open 2020, Praveen/Melati masih menunggu lawannya, yaitu antara wakil Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet wakil tuan rumah Marcus Ellis/Lauren Smith.

Setelah Praveen/Melati, Indonesia masih memiliki ganda campuran Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja.

Namun di partai delapan besar turnamen bulu tangkis level Super 1000 itu, lawan berat sudah menunggu Hafiz/Gloria, yakni pasangan unggulan ketiga asal Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai.