PIRLO BELUM SIAP

id



Johannesburg (ANTARA) - Pelatih Italia Marcello Lippi mengungkapkan bahwa pemain andalannya Andrea Pirlo masih belum siap untuk menjalani laga penentuan "Azzurri" di grup F melawan Slowakia, Kamis (24/6).

Pirlo absen dalam dua pertandingan yang sudah dilakoni Italia, yang keduanya berakhir dengan skor imbang 1-1 saat melawan Paraguay dan Selandia Baru.

Pengatur serangan yang bermain di AC Milan itu belum sembuh dari cedera betis. Sebelum Piala Dunia (PD) dimulai Lippi berharap Pirlo bisa tampil di laga terakhir, namun Lippi harus mengubur harapannya dan menerima kenyataan bahwa Pirlo tidak bisa bermain.

"Pirlo tidak bisa bermain tetapi dia akan duduk di bangku cadangan," kata Lippi, seperti dikutip situs resmi FIFA.

Italia baru meraih dua angka, dan mereka harus menang lawan Slowakia untuk mendapat tiket ke babak enam belas besar.

Masalah utama Italia di PD sejauh ini adalah membongkar pertahanan lawan dan menciptakan peluang. Kecerdikan Pirlo sangat dibutuhkan juara PD 2006 itu untuk menaklukkan pemain belakang lawan.

Lippi mengaku lini depan Italia masih harus ditingkatkan, selain itu dia juga mewaspadai keberanian Slowakia dalam menyerang.

"Kami berharap mereka bermain seperti yang mereka mainkan dalam dua pertandingan terakhir, itu cara mereka bermain. Mereka memiliki penyerang cekatan yang berubah posisi, kami melihat ini dalam pertandingan mereka," kata pelatih berusia 62 tahun itu.

"Saya kira mereka tidak akan mencoba cara bermain (baru), mereka hanya bisa mendapat satu hasil bila mereka ingin bertahan di kompetisi (satu kemenangan)," katanya.

""Kami berusaha melakukan penyerangan yang lebih baik dari yang sudah kami  lakukan sebelumnya. Kami harus melakukan yang sudah kami lakukan di pertahanan, sementara melakukan penyelamatan yang sedikit lebih baik. Lini belakang dan lini tengah sudah bagus tetapi lini depan harus meningkat," lanjut Lippi.(*)