Polda NTB memperkuat benteng pertahanan kamtibmas di tengah COVID-19

id polda ntb,ntb,covid-19,corona

Polda NTB memperkuat benteng pertahanan kamtibmas di tengah COVID-19

Barisan anggota kepolisian ketika melaksanakan doa bersama dalam giat upacara di Lapangan Gajah Mada Mapolda NTB. (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memperkuat benteng pertahanan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di tengah kondisi pandemi virus corona atau COVID-19.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto di Mataram, Rabu, mengatakan pihaknya memperkuat benteng pertahanan kamtibmas dengan terus menggalakkan giat patroli lapangan sesuai misi dari pelaksanaan Operasi Aman Nusa II Gatarin 2020.

"Terutama pada penerapan jam malam, di sini ada peran satgas pencegahan, mereka yang rutin melaksanakan giat patroli lapangan," kata Artanto.

Selain itu, Polda NTB juga melibatkan peran anggota Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh lingkungan di NTB untuk bersinergi dengan Babinsa bersama aparat pemerintah tingkat kelurahan dan desa.

Melalui peran tiga pilar tersebut, Polda NTB mengimbau agar setiap lingkungan dapat menghidupkan kembali kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling).

Kemudian untuk yang berada di kompleks pertokoan, Polda NTB mengimbau agar menyediakan kamera CCTV. Hal tersebut dianggap sebagai salah satu cara memperkuat sistem keamanan.

Lebih lanjut, Artanto mengharapkan kerja sama seluruh lapisan masyarakat agar tetap waspada dari segala ancaman gangguan keamanan di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Bila diduga ada aksi kejahatan, mohon segera laporkan, kami dari pihak kepolisian siap menindaklanjuti segala bentuk gangguan yang terjadi di tengah masyarakat," ucapnya.