PDAM Giri Menang Mataram memberikan bantuan APD

id covid,mataram,APD,giri menang

PDAM Giri Menang Mataram memberikan bantuan APD

Petugas dari sejumlah puskesmas di Kota Mataram mengambil bantuan alat pelindung diri yang diberikan oleh PDAM Giri Menang Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (5/5/2020). (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum Giri Menang Mataram, Nusa Tenggara Barat, memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada para petugas medis di 11 puskesmas se-Kota Mataram dan RSUD setempat untuk membantu mereka dalam penanganan kasus virus corona baru (COVID-19) di daerah itu.

Bantuan APD tersebut diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama PDAM Giri Menang Mataram Lalu Ahmad Zaini kepada Wali Kota Mataram Ahyar Abduh dan didistribusikan langsung ke 11 puskesmas se-Kota Mataram, Selasa.

Direktur Utama PDAM Giri Menang Mataram Lalu Ahmad Zaini sebelum menyerahkan bantuan APD tersebut, mengatakan bantuan itu sebagai bentuk kepedualian pihaknya terhadap penanganan COVID-19 di Kota Mataram.

"APD yang kami berikan ini adalah APD lengkap dalam satu paket, mulai dari baju, sarung tangan, masker, pelindung wajah, alat pembersih tangan dan lainnya," katanya.

Dia mengatakan jumlah APD yang diberikan itu 260 paket dengan rincian masing-masing 10 paket untuk 11 puskesmas se-Kota Mataram dan 150 paket untuk tenaga medis di RSUD Kota Mataram.

"Bantuan serupa juga kami berikan untuk Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, dengan harapan bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan mampu memberikan perlindungan terhadap para tenaga medis," katanya.

Di tengah pandemi COVID-19, PDAM setempat juga mengambil kebijakan mengratiskan pembayaran air untuk sekitar 450 tempat ibadah selama tiga bulan.

Selain itu, memberikan subsidi pembayaran tagihan air 50 persen terhadap masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dengan jumlah sasaran sekitar 14 ribu rumah tangga.

"Jika dikalkulasikan subsidi yang kita berikan sekitar Rp700 juta per bulan atau kalau diakumulasikan subdisinya mencapai Rp2,1 miliar tiga bulan ke depan," katanya.

Wali Kota Mataram Ahyar Abduh menyampaikan terima kasih kepada PDAM Giri Menang Mataram yang telah memberikan bantuan APD untuk mendukung kerja tenaga medis di Mataram dalam menangani pasien COVID-19.

"APD ini menjadi prioritas untuk melengkapi fasilitas petugas medis yang dari awal bekerja keras menjadi garda terdepan penanganan COVID-19, baik itu petugas medis di puskesmas maupun di RSUD," katanya.