Pecinta wisata budaya diajak mengenali 5 situs warisan dunia di Indonesia

id Kemenparekraf,wisata budaya,warisan budaya dunia

Pecinta wisata budaya diajak mengenali 5 situs warisan dunia di Indonesia

Pecinta wisata budaya diajak kenali 5 situs warisan dunia di Indonesia (Birkom Kemenparekraf)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak pecinta perjalanan khususnya wisata budaya mengenal lebih jauh lima situs warisan dunia berbasis budaya yang ada di Indonesia melalui webinar series "Wisata Heritage" yang akan berlangsung pada 14 Mei 2020 pukul 14.00 WIB.

Lima situs warisan dunia berbasis budaya tersebut adalah Kompleks Candi Borobudur, Kompleks Candi Prambanan, Situs Manusia Purba Sangiran, Sistem Subak Bali sebagai Manifestasi Filosofi Tri Hita Karana, dan Tambang Kuno Batubara Ombilin Sawahlunto.

Deputi Produk Wisata dan Penyelenggara Events Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Rizki Handayani dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan, warisan budaya adalah salah satu alasan utama wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara untuk berwisata di Indonesia saat kondisi pandemi Covid-19 mereda dan memungkinkan kembali melakukan perjalanan.

"Terlebih kelima situs ini memiliki keunikan tersendiri yang menjadikannya masing-masing satu-satunya di dunia," kata Rizki Handayani.

Melalui webinar ini diharapkan masyarakat dapat mengenal lebih jauh nilai-nilai yang ada sehingga dapat mendukung keberlanjutan (“sustainability”) secara ekonomi, sosial, dan lingkungan.

Tidak hanya mengenal lebih jauh situs warisan dunia berbasis budaya yang ada, lewat webinar ini diharapkan masyarakat dapat meneruskan informasi yang mereka dapat ke masyarakat luas. Salah satunya melalui media sosial.

Karena itu, dalam webinar ini juga akan diberikan ilmu tentang "teknik" penyampaian nilai-nilai tersebut melalui story telling di media sosial dengan cara dan metode yang mampu menambah pengalaman berwisata dan menarik orang untuk mengunjunginya.

"Melalui media ini, nilai-nilai tersebut dapat disampaikan secara naratif baik melalui visual, audio, photo caption/text, ataupun kombinasi tiga metode tersebut," kata Rizki Handayani.

Narasumber yang hadir adalah Founder Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali yang akan berbicara tentang "Jejak Sejarah Heritage Tourism Candi Borobudur". Sementara narasumber kedua adalah Astrid Savitri, seorang content writer yang akan membahas "Storytelling Produk Wisata melalui Media Sosial".

"Narasi yang dibangun melalui story telling yang baik, akan mampu memberikan edukasi yang baik kepada masyarakat, menambah pengalaman berkunjung wisatawan, hingga membangun rasa penasaran bagi orang-orang untuk mengunjungi situs-situs tersebut nantinya," kata Rizki Handayani.

Webinar Wisata Heritage ini terbuka untuk umum. Peserta yang ingin bergabung dapat mendaftar lebih dulu melalui link https://s.id/heritage-borobudur.