Petugas gabungan mengecek penerapan protokol COVID-19 pertokoan di Mataram

id penerapan protokol COVID-19,pertokoan mataram,pengunjung toko

Petugas gabungan mengecek penerapan protokol COVID-19 pertokoan di Mataram

Suasana kepadatan salah satu pertokoan yang nampak dari halaman parkir kendaraan di Jalan Panca Usaha, Mataram, NTB, Senin Malam (18/5/2020). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Petugas gabungan dari TNI, Polri, dan instansi pemerintahan, menggelar patroli lapangan dengan tujuan mengecek penerapan protokol pencegahan penularan COVID-19 di sejumlah pertokoan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Kota Mataram Ramadani di Mataram, Senin Malam, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mencegah transmisi lokal penyebaran COVID-19.

"Jadi kegiatan ini sifatnya masih imbauan kepada para pemilik toko untuk selalu menerapkan protokol pencegahan penularan COVID-19," kata Ramadani yang ditemui usai mengecek situasi salah satu toko pakaian di wilayah Cakranegara.

Menurutnya, protokol pencegahan penularan COVID-19 masih sulit untuk diterapkan. Apalagi di tengah situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 2020 sudah menjadi momentum masyarakat berburu kebutuhan lebaran.

"Bisa dibayangkan ini (berbelanja) sudah menjadi tradisi tahunan menjelang lebaran, jadi tidak bisa kita serta merta langsung hentikan. Jadi sepertinya kita (petugas) yang harus banyak bersabar dan harus terus memberikan imbauan penerapan protokol COVID-19 kepada masyarakat," ujarnya.

Karenanya, hasil kegiatan gabungan pada malam ini akan menjadi bahan evaluasi dan laporan kepada pimpinannya. Bahkan pihaknya akan mengajukan agar kegiatan pengecekan di lapangan terus digalakkan.

"Kegiatan ini akan kita laporkan dulu kepada pimpinan. Tentunya kondisi malam ini akan menjadi bahan evaluasi pemerintah. kalau kondisinya tidak bisa dikendalikan, terpaksa kita tutup seperti yang diarahkan Pak Wali Kota Mataram," ucap dia.

Sementara dari pihak kepolisian, Kasat Samapta Polresta Mataram AKP Gede Sumadra yang turut serta dalam kegiatan tersebut melihat situasi yang cukup padat pengunjung di sejumlah pertokoan wilayah Cakranegara.

"Dari toko-toko yang kita lihat seperti di Ruby, Apolo, Fashion One, rata-rata pengunjungnya cukup padat," kata Sumadra.

Meskipun nampak rampai pengunjung, pihak pertokoan dikatakan sudah menjalankan protokol pencegahan penularan COVID-19 dengan menempatkan sarana cuci tangan dengan sabun, hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan ada sejumlah petugas khusus yang disiapkan untuk memantau jarak pengunjung.

"Mereka juga sudah menutup gerainya sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, sampai jam 21.00 wita," ucapnya.

Lebih lanjut, Sumadra menegaskan bahwa kegiatan patroli lapangan ini akan rutin dilaksanakan. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pemerintah untuk mencegah masifnya penyebaran COVID-19 di wilayah Kota Mataram.