Pemkot Mataram meraih opini WTP terhadap LHP keuangan 2019

id LHP,mataram,WTP

Pemkot Mataram meraih opini WTP terhadap LHP keuangan 2019

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh (dua dari kiri), mengikuti rangkaian penyerahan laporan hasil pemeriksaan (LHP) keuangan tahun 2019, dilakukan melalui video conference dengan Kepala BPK Perwakilan NTB Hery Purwanto. (Foto: ANTARA News/Kominfo)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) keuangan tahun 2019, dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Nusa Tenggara Barat.

Penyerahan LHP tersebut dilakukan melalui video conference Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan NTB Hery Purwanto, bersama Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh didampingi sejumlah pejabat terkait serta Ketua DPRD Kota Mataram di aula pendopo Wali Kota Mataram, di Mataram, Rabu.

Kepala BPK Perwakilan NTB Hery Purwanto dalam kesempatan itu mengatakan, pemeriksaan keuangan tahun ini meyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang tengah melanda NTB.

Dengan kondisi tersebut kegiatan pemeriksaan LHP keuangan tahun 2019 yang dilaksanakan mulai bulan Maret 2020 sampai dengan Mei 2020, dilakukan secara "online".

"Cek fisik dengan ketentuan terentu, dokumentasi dan dengan alternatif lain dengan tetap memperhatikan standar pencegahan COVID-19," katanya.

Dengan diraihnya predikat WTP tahun 2019, Pemerintah Kota Mataram berhasil mendapatkan WTP sebanyak 5 kali berturut, yakni LHP keuangan tahun anggaran 2014 sampai dengan tahun anggaran 2019. Selain Kota Mataram, predikat WTP juga diraih Kabupaten Lombok Barat.

Menanggapi keberhasilan Kota Mataram kembali meraih WTP, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh merasa Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat mendapat kejutan di tengah pandemi.

"Keberhasilan ini membutuhkan perjuangan yang cukup panjang, sejak tahun 2006-2014, kita cuma dapat wajar dengan pengecualian. Tapi, sejak tahun 2014-sekarang mendapat WTP," ujarnya.

Atas keberhasilan itu, Ahyar selaku kepala daerah akan menjadikan prestasi ini sebagai tekad yang akan dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya untuk meningkatkan pembangunan di Kota Mataram.