PLN nyalakan Dusun Terluar Sumbawa di Penghujung Ramadhan

id PLN,Dusun Punik,Kabupaten Sumbawa

PLN nyalakan Dusun Terluar Sumbawa di Penghujung Ramadhan

Petugas PLN memasang jaringan listrik di Dusun Punik, Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, NTB. (Foto PLN)

Mataram (ANTARA) - Setelah Desa Oi Katupa di Bima, kali ini PLN kembali menghadirkan terang di Dusun Punik, Desa Batu Dulang, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Sebanyak 67 pelanggan di dusun yang berlokasi sekitar 1 jam 30 menit dari pusat kota Sumbawa tersebut dilakukan penyambungan baru listrik pada Selasa (19/5). 

"Lebaran tahun ini akan menjadikan kenangan yang akan diingat oleh masyarakat dan akan menjadi sejarah bagi Dusun Punik karena akhirnya merdeka dari kegelapan," kata Kepala Dusun Punik, Isnaini dengan bahagia. 

Isnaini juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada PLN yang telah membangun jaringan listrik hingga masuk ke dusunnya.

"Penyalaan ini pasti akan membawa kebahagiaan untuk masyarakat di sini. Saya berterima kasih kepada PLN atas apa yang telah dilakukan untuk Dusun Punik," tutur Isnaini.

Sejak Mei 2019, PLN NTB mulai membangun jaringan listrik ke Dusun Punik. Akses jalan yang rusak, ditambah banyaknya tanjakan dan turunan yang curam menjadikan tantangan tersendiri untuk melistriki dusun yang masyarakatnya mayoritas bermata pencaharian dari hasil perkebunan, khususnya kopi dan kemiri. 

Untuk melistriki Dusun Punik, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 9.2 kms, satu buah gardu kapasitas 160 kVA dan juga Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 1.097 kms. 

"Medan menuju Dusun Punik itu sangat sulit, ada tanjakan yang sangat curam, kemiringan mencapai 40 derajat dan melewati hutan. Kalau angkut tiang pakai truk harus sangat berhati-hati," tutur Irwanto. 

Di tengah pandemi COVID-19, Irwanto menjelaskan keselamatan pegawai yang bertugas adalah prioritas utama. PLN harus memastikan seluruh layanan tetap berjalan seperti biasa, tidak ada yang berubah, namun diwajibkan untuk melaksanakan protokol keamanan. 

"Seluruh petugas akan berpedoman pada prosedur pencegahan penyebaran Covid-19. Pemakaian Alat Pelindung Diri dan juga physical distancing menjadi hal yang wajib dilakukan di situasi seperti sekarang ini," kata Irwanto. 

Penyalaan Dusun Punik di Sumbawa ini merupakan wujud komitmen PLN untuk terus melistriki nusantara, yang akan diikuti dengan dusun yang lain yang belum berlistrik.

"Semoga dapat menjadi berkah yang luar biasa untuk warga Dusun Batu Punik di bulan Ramadhan ini. Dan mari bersama kita doakan supaya pandemi ini segera berlalu," ucap Irwanto.
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar