PLN Pastikan Pasokan Listrik Cukup pada Idul Fitri 1441 Hijriah

id PLN NTB,Pasokan Listrik,Idul Fitri

PLN Pastikan Pasokan Listrik Cukup pada Idul Fitri 1441 Hijriah

Dua orang petugas PLN UIW NTB memastikan jaringan listrik dalam kondisi baik untuk kenyamanan konsumen yang merayakan Idul Fitri 1441 Hijriah. (Foto PLN UIW NTB)

Mataram (ANTARA) - Memasuki hari terakhir bulan Ramadhan, PLN Nusa Tenggara Barat kembali memastikan pasokan listrik cukup. Hal ini disampaikan General Manager PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTB pada saat menggelar video conference dengan seluruh Unit Pelaksana yang tersebar di NTB pada Sabtu (23/5).

"Alhamdulillah, dari sisi pasokan daya masih  mencukupi. Dari sisi jaringan juga telah dilaksanakan pemeliharaan jauh jauh hari supaya masyarakat dapat berlebaran dengan nyaman," jelas Rudi.

Hari raya kali ini pastinya akan dirayakan berbeda oleh seluruh masyarakat NTB dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sesuai instruksi Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah masyarakat dihimbau untuk melaksanakan shalat Ied di rumah, tidak melaksanakan shalat Ied berjamaah di masjid maupun lapangan serta tidak mudik untuk saat ini. 

Kunjungan dari rumah ke rumah pun diharapkan dapat diminimalkan oleh masyarakat. Namun, semua hal tersebut tentunya tidak membuat PLN lengah dalam menjaga keandalan sistem kelistrikan.

"Lebaran tahun ini, PLN menyiagakan 946 personel. PLN juga telah menetapkan masa siaga pada H-7 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri, mulai dari 17 Mei 2020 hingga 31 Mei 2020," kata Rudi. 

Dengan kondisi pandemi COVID-19 ini, keselamatan petugas merupakan prioritas utama untuk PLN. Seluruh pegawai yang bekerja wajib mentaati protokol keamanan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Tidak ada yang lebih penting dari jiwa manusia. Untuk itu, seluruh petugas wajib dilengkapi dengan APD dan menerapkan physical distancing," tutur Rudi. 

Selain personel, PLN NTB juga menyiagakan 134 kendaraan, baik mobil ataupun motor, 4 buah Mobile UPS, 15 unit mobile trafo dan  20 unit mobile gen set dan juga 72 posko di lokasi tersebar di Nusa Tenggara Barat. 

Daya mampu pembangkit update per hari Jumat, 22 Mei 2020 untuk sistem Lombok adalah sebesar 352 MW dan beban puncak malam sebesar 231 MW. Sedangkan untuk sistem Tambora sebesar 146 MW dan beban puncak sebesar 99 MW. Masih terdapat cadangan daya sebesar 121 MW dan 46 MW pada dua sistem tersebut.

Rudi juga mengimbau masyarakat untuk terus memaksimalkan penggunaan layanan mobile dari PLN untuk mendukung gerakan physical distancing, yaitu melalui Contact Center PLN 123, instagram @pln123_official, twitter @pln_123, facebook PLN 123 atau melalui aplikasi PLN Mobile. 

"Saya juga mengucapkan Selamat Idul Fitri kepada seluruh masyarakat yang merayakan. Semoga Idul Fitri tahun ini  memberikan keberkahan dan pandemi COVID-19 dapat segera berlalu," ucap Rudi.
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar