Jusuf Kalla dan sejumlah tokoh salat Jumat perdana di Masjid Al-Azhar

id Jk, sholat jumat perdana, jusuf kalla

Jusuf Kalla dan sejumlah tokoh salat Jumat perdana di Masjid Al-Azhar

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) M Jusuf Kalla melaksanakan sholat Jumat di Masjid Al Azhar, Jakarta, Jumat (5/6/2020) (HO-Dok DMI)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jusuf Kalla (JK) melaksanakan ibadah sholat jumat perdananya pada masa transisi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Jakarta di Masjid Agung Al-Azhar, Jakarta Selatan, Jumat.

Tokoh dan pejabat negara lain, di antaranya Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, mantan Wakil Menteri ESDM Archandra Taher, dan Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie yang juga bertindak sebagai khatib.

Dalam sambutannya setelah pelaksanaan sholat Jumat, JK menyampaikan rasa syukurnya karena bisa kembali menunaikan ibadah salat Jumat secara berjamaah, sebab selama 12 pekan ibadah Sholat Jumat ditiadakan demi menghindari penularan COVID-19.

"Alhamdulillah, setelah kita 12 Jumat tidak salat Jumat. Ini hampir tiga bulan dan ini luar biasa rahmat kembali ke masjid, dan doa yang mustajab karena semuanya amin saat doa tadi," kata Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut.

Lebih lanjut, JK juga mengapresiasi pengurus masjid terbesar di Jakarta Selatan tersebut yang telah menerapkan protokol kesehatan secara ketat sehingga sholat Jumat bisa berjalan dengan tertib.

"Sudah tertib, tidak ada yang rapat-rapat (jarak) kan. Sudah pakai masker semua tidak ada yang tidak, karena kalau tidak pengurus masjid itu tidak bisa masuk," terang JK.

Untuk diketahui pelaksanaan sholat jumat di masa transisi PSBB dibolehkan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dengan syarat setiap masjid harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti jamaah wajib memakai masker, dan menjaga jarak.

Sebelumnya, Masjid Al Azhar juga telah disemprot disinfektan, Rabu (3/6), oleh relawan PMI sebagai persiapan pelaksanaan sholat Jumat perdana di Jakarta setelah memasuki masa transisi PSBB.

Namun, pada kegiatan penyemprotan yang ditinjau langsung JK itu tampak pula seorang gadis remaja bernama Arfa Marqia, penyanyi cilik yang hits dengan single terbarunya "Malaikat Pelindungku" yang dinyanyikannya di channel Youtube miliknya.

Arfa mengaku ikut membantu relawan menyemprot disinfektan agar steril dari virus, sekaligus sebagai persiapan masa transisi PSBB di Jakarta.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar