BPJAMSOSTEK NTB berikan APD kepada empat rumah sakit

id BPJAMSOSTEK NTB,Rumah Sakit,Covid-19

BPJAMSOSTEK NTB berikan APD kepada empat rumah sakit

Jajaran BPJAMSOSTEK Kantor Cabang NTB, menyerahkan bantuan APD kepada manajemen Rumah Sakit Harapan Keluarga di Mataram. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Nusa Tenggara Barat memberikan bantuan paket alat pelindung diri (APD) kepada empat rumah sakit yang menjadi mitra pusat layanan kecelakaan kerja.

Kepala BPJAMSOSTEK Kantor Cabang NTB, Adventus Edison Souhuwat, di Mataram, Jumat menjelaskan, pemberian bantuan APD tersebut sebagai bentuk respon terhadap situasi bencana pandemi COVID-19 untuk membantu pencegahan penularan di antara para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK).

"Pemberian APD tersebut merupakan bentuk kegiatan promotif preventif yang dilaksanakan BPJAMSOSTEK kepada pesertanya sebagai bentuk kepedulian dengan kondisi bencana yang kini sedang dihadapi masyarakat luas," katanya.

Ia menyebutkan APD diberikan kepada Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) NTB, RSUD Kota Mataram, RS Harapan Keluarga, dan Rumah Sakit Umum Dr R Sudjono Selong, Kabupaten Lombok Timur. Keempat rumah sakit tersebut merupakan mitra pelayanan kecelakaan kerja (PLKK) BPJAMSOSTEK.

Bantuan diserahkan dalam dua tahap, yakni pada 16 dan 17 Juni 2020 di masing-masing rumah sakit. Total APD yang diserahkan sebanyak 80 paket, terdiri atas pakaian hazmat, masker, sepatu bot, safety googles, face shield, rubber gloves.

Adventus menambahkan penyaluran sejumlah APD kepada rumah sakit mitra PLKK diharapkan bisa membantu para pekerja medis dalam menangani para pasien.

"Semoga apa yang kami lakukan dapat membantu para pekerja medis dan rumah sakit. Semoga pandemi COVID-19 ini dapat segera teratasi bersama guna membangun dan memelihara kembali perekonomian NTB yang muaranya tentu saja untuk kesejahteraan para pekerja dan keluarga," katanya.

Sementara itu, Manajer Penunjang Medis Rumah Sakit Harapan Keluarga, Mochamad Fuad, menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas bantuan berupa APD yang telah diberikan BPJAMSOSTEK kepada para tenaga medisnya.

"Semoga kepedulian yang ditunjukkan BPJAMSOSTEK dapat dilakukan secara berkelanjutan kepada masyarakat luas," ujarnya.

Penyaluran bantuan APD kepada empat rumah sakit di Pulau Lombok itu bukan yang pertama kali. Sebelumnya, BPJAMSOSTEK Kantor Cabang NTB telah menyalurkan bantuan APD dan masker kepada pemerintah daerah, baik Pemerintah Provinsi NTB, dan Kota Mataram, serta kepada para pekerja di wilayah Provinsi NTB.