Sandiaga Uno ungkapkan sektor yang jadi lokomotif ekonomi di normal baru

id sandiaga uno, stimulus fiskal covid, sektor pangan, umkm digital

Sandiaga Uno ungkapkan sektor yang jadi lokomotif ekonomi di normal baru

Pengusaha Sandiaga Uno dalam tangkapan layar ketika menjadi pembicara pada webinar adaptasi UMKM hadapi normal baru di Jakarta, Jumat (19/6/2020). (ANTARA/Dewa Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Pengusaha Sandiaga Uno mengungkapkan sektor usaha yang mampu menjadi lokomotif pembangunan ekonomi di Tanah Air saat normal baru setelah pandemi COVID-19 yakni pangan, kesehatan dan telekomunikasi digital.

“Ini masih amat menjanjikan bisa menjadi sektor yang menarik lokomotif pembangunan ekonomi,” katanya dalam webinar adaptasi UMKM hadapi normal baru di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, sektor tersebut paling dibutuhkan masyarakat termasuk mendukung perekonomian saat pandemi penyakit yang disebabkan virus SARS-CoV-2 itu.

Ia menilai faktor risiko kesehatan masyarakat memang harus menjadi utama namun sektor usaha yang menjadi pemenang pada masa pandemi virus corona itu juga diberikan jalan untuk direlaksasi atau dibuka.

Sebagai pengusaha, ia mengapresiasi langkah pemerintah yang mengalokasikan insentif kepada UMKM sebesar Rp123 triliun karena sektor ini menyerap banyak tenaga kerja.

Ia yakin dukungan insentif dan paket kebijakan pemerintah itu bisa membalikkan keadaan dan membangkitkan kembali perekonomian negara.

Tak hanya UMKM, stimulus yang dianggarkan pemerintah itu juga ditunggu korporasi dan perbankan khususnya untuk membantu kelangsungan sektor usaha lain seperti manufaktur atau pengolahan yang menyerap pekerja dan berbasis ekspor.

“Kita harus mampu memperkuat perekonomian. Indonesia bisa dan pasti akan mampu membalikkan tren saat ini, kita berikan insentif dan seri paket kebijakan yang cepat dan tepat sasaran,” katanya.

Di sisi lain, pandemi COVID-19 ini, lanjut dia, juga mengakselerasi industri 4.0 yang lebih banyak mengandalkan digitalisasi yang nantinya mendorong pola belanja konsumen maupun cara kerja pelaku UMKM.