NTB luncurkan program kampung sehat

id NTB,Kampung Sehat,COVID-19,Normal Baru,Polda NTB

NTB luncurkan program kampung sehat

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (kanan) bersama Kapolda NTB Irjen Polisi M Iqbal (kiri) saat menghadiri acara peluncuran Kampung Sehat, bertempat di Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (19/6/2020). (ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Barat, NTB (ANTARA) - Polda Nusa Tenggara Barat memprakarsai peluncuran program kampung sehat sebagai salah satu upaya mendorong masyarakat berprilaku sehat dalam rangka memutus mata rantai COVID-19 di daerah itu.

"Semoga dengan di-launching-nya kampung sehat ini menjadi awal yang baik untuk daerah kita di tengah COVID-19," kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah saat menghadiri acara peluncuran Kampung Sehat, bertempat di Desa Gegelang, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat.

Hadir pada peluncuran kampung sehat tersebut Kapolda NTB Irjen Polisi M Iqbal, Danrem 162/WB Brigjen TNI Amhad Rizal Ramdhani, Bupati Lombok Barat H Faozan Khalid dan sejumlah pejabat, baik Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB dan Pemerintah Kabupaten Lombok Barat.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk lomba tersebut dihajatkan untuk membangkitkan jiwa kompetitif di tengah masyarakat. Terlebih, pemerintah saat ini diberi amanah untuk menuntun masyarakat menuju tatanan hidup baru.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengapresiasi lomba kampung sehat tersebut. Menurutnya, dengan adanya program kampung sehat ini, masyarakat semakin terpacu menjalani protokol kesehatan.

"Kami apresiasi ide baru Kapolda NTB, harapan kita semua, dengan di-launching-nya program ini, desa-desa kita di NTB tidak hanya bersih dari COVID-19, tapi bersih dari kejahatan dan narkotika," ujarnya.

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan lomba kampung sehat tersebut diinisiasi karena merasa prihatin dengan penularan virus saat ini. Sehingga, perlu ada penekanan khusus kepada masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Untuk menekan penyebaran COVID-19, kita harus bergandengan, berjalan bersama dalam memutus penyebaran COVID-19," ujarnya.

Mantan Kadiv Humas Polri tersebut menegaskan lomba kampung sehat memiliki beberapa parameter penilaian, seperti bidang kesehatan, bidang sosial kemasyarakatan, bidang industri hingga bidang keamanan.

"Selain parameter tersebut, yang terpenting, masyarakat kita tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai standar WHO," katanya.