Gubernur NTB berencana kirimkan anggota BPBD ke Australia

id bpbd ntb,penanggulangan bencana

Gubernur NTB berencana kirimkan anggota BPBD ke Australia

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah saat bersilaturahim dengan ASN di Kantor BPBD NTB, Kamis (25/6/2020). (ANTARA/Nur Imansyah)

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah berencana mengirim anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ke Darwin, Australia, untuk berlatih dan bertukar wawasan dengan petugas SAR di sana.

"Penanggulangan berbagai bencana, baik alam maupun non-alam di NTB ini perlu didukung oleh SDM mumpuni yang terlatih dan memiliki keterampilan khusus di bidang kebencanaan," kata Zulkieflimansyah dalam acara halalbihalal dan pembinaan ASN di Kantor BPBD NTB di Mataram, Kamis.

Para petugas BPBD, menurut dia, harus memiliki keahlian dan keterampilan supaya bisa bergerak cepat membantu warga pada masa tanggap darurat bencana alam maupun non-alam.

Gubernur juga mengemukakan pentingnya suasana kerja yang nyaman dalam peningkatan kinerja. 

"Maka kuncinya adalah senantiasa melakukan silaturahim secara informal di rumah. Dengan demikian akan muncul cara pandang yang berbeda terhadap seseorang serta silaturahim ini dapat meningkatkan produktivitas kerja," katanya.

Pelaksana Tugas Kepala BPBD NTB Ahmadi menyambut gembira tawaran Gubernur NTB untuk mengirim anggotanya berlatih ke Australia.

"Ini tawaran yang luar biasa. Biasanya kami banyak bekerja sama dengan Jepang. Nah, sekarang ada Australia lebih bagus karena secara iklim atau kondisi mirip," katanya.

"Ini tawaran yang menarik, supaya SDM kami ini, dari tahun ke tahun semakin cerdas," ia menambahkan.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar