Kapolda NTB: swakelola pembangunan rumah warga wujud sinergitas TNI-Polri dan pemda

id Swakelola,Kapolda

Kapolda NTB: swakelola pembangunan rumah warga wujud sinergitas TNI-Polri dan pemda

Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal (tengah) didampingi jajarannya dan pejabat forkopimda foto bersama di depan rumah baru Inaq Sihin di Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat (26/6/2020).

Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal menilai kegiatan swakelola pembangunan rumah siap huni untuk warga di wilayah Lembar, Kabupaten Lombok Barat, sebagai wujud sinergitas TNI, Polri dan pemerintah daerah.

"Ini satu hal yang dapat dicontoh, menjadi simbol yang pesannya adalah Lombok Barat betul-betul mengutamakan masyarakatnya. TNI, Polri, pemda bersinergi membantu masyarakatnya, itu sebuah hal yang mulia," kata Irjen Pol Mohammad Iqbal di Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Jumat.

Kapolda NTB menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan bantuan rumah siap huni kepada seorang warga usia lanjut bernama Inaq Sihin (85), di Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat.

Dengan bantuan ini, Iqbal berharap Inaq Sihin dapat menikmatinya dan mengisi kegiatan hari tua dengan penuh kenyamanan di rumah baru.

"Semoga dengan bantuan ini, Inaq Sihin tinggal dengan lebih nyaman, tentram, dan lebih khusyuk dalam beribadah," ujarnya.

Inaq Sihin merupakan salah satu potret wajah dari warga Kabupaten Lombok Barat yang pantas mendapat bantuan dan perhatian pemerintah.

Karena sebelum mendapat bantuan rumah, Inaq Sihin tinggal di sebuah gubuk reyot di Dusun Batu Samban, Desa Lembar Selatan, Kabupaten Lombok Barat.

Bahkan kabarnya Inaq Sihin hidup sebatang kara dengan kondisi segala keterbatasan sejak ditinggal oleh suami serta anaknya pergi merantau puluhan tahun silam.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Satrio Wibowo mengatakan, informasi tentang kondisi Inaq Sihin yang memprihatinkan awalnya diperoleh dari petugas Bhabinsa Lembar Selatan, Serka Markinun.

"Informasi ini yang kemudian kami lanjutkan dengan melakukan cek lapangan serta koordinasi dengan aparat desa sampai akhirnya kami putuskan tempat ini lah (gubuk reyot Inaq Sihin) yang kami jadikan target," kata Bagus.

Dalam prosesnya, rencana pembangunan rumah untuk Inaq Sihin mendapat dukungan penuh dari pihak Kodim 1606/Lombok Barat.

Karenanya, berkat kerja sama personel gabungan dari Polres Lombok Barat dengan Kodim 1606/Lombok Barat, akhirnya rumah baru tipe 21 untuk Inaq Sihin berdiri dengan kokoh.

"Berkat dukungan seluruh pihak serta keikutsertaan TNI dan masyarakat, kami berhasil menyelesaikan pembangunannya dalam waktu tiga pekan," ucapnya.

Kegiatan penyerahan bantuan rumah siap huni digelar Polres Lombok Barat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-74. Selain penyerahan bantuan rumah siap huni, Polres Lombok Barat mengundang anak yatim dan tokoh agama dalam kegiatan istighosah 

Turut hadir dalam kegiatannya, para pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) Lombok Barat, mulai dari Bupati Lombok Barat Faozan Khalid, Ketua Pengadilan Negeri Mataram, Kepala Kejari Mataram, dan Dandim 1606/Lombok Barat.