ITDC meningkatkan kapasitas UMKM di NTB dan Bali

id ITDC,KEK Mandalika,UMKM,NTB,Bali,Lombok

ITDC meningkatkan kapasitas UMKM di NTB dan Bali

Foto udara operator menggunakan alat berat mengerjakan pembangunan "tunnel" atau terowongan Sirkuit Mandalika di KEK Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (12/8/2020). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/hp.

Mataram (ANTARA) - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), turut berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas UMKM di Nusa Tenggara Barat dan Bali melalui berbagai program pelatihan.

Sekretaris Perusahaan PT ITDC, Miranti Nasti Rendranti dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Rabu, mengatakan pelatihan yang telah disiapkan bagi UMKM selama 2020 itu, antara lain pelatihan daring pemasaran digital kepada paguyuban di Nusa Dua, Bali dan pelatihan daring cara berjualan efektif dari rumah untuk UMKM, pelatihan Bahasa Inggris daring dan pelatihan keramahtamahan untuk masyarakat desa penyangga Mandalika, Lombok.

"Pelatihan bagi UMKM dan masyarakat sekitar ini kami lakukan dalam bentuk online sebagai bentuk antisipasi kami dalam menyikapi kondisi saat ini yang masih belum lepas dari pandemi. Kami berharap pelatihan-pelatihan yang diberikan ini akan menjadi bekal bagi masyarakat untuk dapat terus produktif dan aktif di masa pandemi serta berguna saat kondisi pariwisata sudah berjalan normal kembali," ujar Miranti Nasti Rendranti.

Selain pelatihan pada 2020 tersebut, ITDC juga telah menggelar 12 pelatihan bagi masyarakat dan UMKM sekitar wilayah kerja selama 2018-2019, antara lain pelatihan dasar kewirausaahaan, pelatihan akuntansi sederhana UMKM, pelatihan Bahasa Mandarin dan pelatihan kualitas pelayanan untuk paguyuban pedagang.

"Selain dilakukan oleh ITDC, program pemberdayaan UMKM juga dilakukan oleh Mandalika Grand Prix Association (MGPA), unit usaha ITDC yang mengelola persiapan dan pelaksanaan perhelatan MotoGP Indonesia di Mandalika mulai 2021," ujarnya.


Ia menyebutkan, salah satu kegiatannya adalah bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lombok Tengah dengan mengadakan sesi prapendampingan desain produk untuk barang dagangan Indonesia GP 2021 pada tanggal 3 Agustus lalu, dan akan dilanjutkan dengan sesi pendampingan dalam waktu dekat.

"Sebagai BUMN, ITDC berkomitmen selalu hadir di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat di sekitar wilayah kerja kami. Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu wujud kontribusi kami dalam pengembangan ekonomi rakyat serta dukungan bagi UMKM yang merupakan
sektor ekonomi penopang perekonomian nasional. Melalui sejumlah program yang kami miliki, kami berharap dapat mendorong pengembangan kapasitas dan perkembangan bisnis UMKM menjadi lebih baik lagi," katanya.

Diharapkan, melalui kegiatan itu nantinya produk UMKM mitra binaan dapat memenuhi syarat dan standar yang telah ditentukan oleh Dorna Sports sehingga layak masuk dalam e-commerce MotoGP yang penjualannya dilakukan melalui aplikasi, website, secara offline, dan TV satelit," sambung Kepala Bagian Komunikasi MGPA, Happy Harinto.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar