Pemkab Lombok Utara menerapkan pemberkasan dokumen CPNS secara daring

id Lombok Utara,Dokumen CPNS,Sistem Daring

Pemkab Lombok Utara menerapkan pemberkasan dokumen CPNS secara daring

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Lombok Utara, Muhammad Najib. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menerapkan pemberkasan dokumen calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lulus seleksi secara daring (online) untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Proses pemberkasan dilakukan dengan cara online untuk menghindari kerumunan dan adanya kontak fisik antara petugas dengan CPNS yang dinyatakan lulus seleksi," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Lombok Utara, Muhammad Najib, di Kabupaten Lombok Utara, Sabtu.

Ia menyebutkan jumlah CPNS yang dinyatakan lulus seleksi sebanyak 225 orang, di mana sebagian besar untuk formasi guru dan tenaga kesehatan, selebihnya untuk mengisi formasi tenaga teknis.

Jumlah yang lulus seleksi belum memenuhi formasi kuota CPNS yang diberikan untuk Kabupaten Lombok Utara sebanyak 237 orang pada 2020. Hal itu disebabkan karena jumlah pelamar dokter spesialis hanya dua orang dari formasi yang disediakan sebanyak lima orang.

"Selain itu, ada formasi CPNS yang tidak terisi karena pelamarnya tidak lulus seleksi atau belum memenuhi persyaratan," ujarnya.

Najib mengatakan para CPNS yang dinyatakan lulus seleksi sudah diberikan pembekalan terkait dengan tata cara memasukkan data-data ke sistem secara daring. Proses pembekalan tersebut juga dilakukan secara bertahap agar tidak terjadi kerumunan orang dalam jumlah banyak di dalam satu ruangan.

Para peserta pembekalan juga diminta untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19, yakni memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan pakai sabun atau menggunakan antiseptik untuk tangan (hand sanitizer).

"Akhir minggu ini, proses pemberkasan dokumen para CPNS yang lulus seleksi akan berakhir. Alhamdulillah prosesnya berjalan lancar hingga saat ini, tidak ada komplain atau pertanyaan," ucap Najib.

Setelah proses pemberkasan, kata dia, panitia seleksi nasional akan mengecek seluruh dokumen para CPNS Kabupaten Lombok Utara yang dimasukkan ke dalam sistem secara daring.

Jika sudah dinyatakan lengkap, lanjut Najib, panitia seleksi akan memproses nomor induk pegawai (NIP). Namun bagi yang berkasnya tidak lengkap akan diinformasikan dengan cara dihubungi langsung atau melalui sistem daring.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar