19 KLOTER DARI MADINAH KE TANAH AIR

id



Madinah (ANTARA) - Pemulangan jamaah haji Indonesia lewat Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berlangsung sesuai jadwal dan hingga kini sudah 19 kelompok terbang (kloter) jamaah pulang ke tanah air lewat Madinah.

"Sudah 19 kloter. Kurang lebih satu hari 3-4 kloter yang terbang," kata Kepala Sektor Bandara Mandinah Warih Setiawan di Bandara AMAA, Madinah, Rabu.

Pemulangan jamaah lewat Madinah, dijadwalkan selesai pada 20 Desember pukul 15.30 waktu Arab Saudi. Sejauh ini pemulangan tidak mengalami keterlambatan atau delay seperti yang terjadi di Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

"Dari tanggal 6 Desember kemarin masih on schedule," kata Warih.

Sementara Duty Manager Garuda Indonesia Airlines Bandara Madinah Bambang Suwito Adji menyatakan, meski sampai hari ini belum ada delay yang berarti kemungkinan delay masih bisa terjadi. Terlebih Bandara AMAA sedang dalam perbaikan sehingga mengurangi gate untuk Garuda.

"Madinah untuk 5 pintu yang disediakan kita hanya diberi 3 pintu. Ini kendala tahun ini," kata Bambang.

Garuda sudah menyiapkan antisipasi bila terjadi delay. Bila delay lebih dari 5 jam, Garuda akan menjamin semua penginapan, katering dan transportasi jamaah. Bila delay kurang dari lima jam, Garuda akan mencari cara agar jamaah tetap bisa nyaman saat menunggu terbang.

"Untuk akhir-akhir kloter lebih sulit karena jamaah India juga mulai pulang. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi delay, kita coba saja," kata Bambang.  (*)