MURI: REKOR GUBERNUR TERMUDA BELUM TERKALAHKAN

id

          Mataram, 11/12 (ANTARA) - Manajer Museum Rekor Dunia Indonesia Sri Widayati mengatakan rekor gubernur termuda di Indonesia yang diberikan kepada TGH. M. Zainul Majdi selaku Gubernur Nusa Tenggara Barat, belum terkalahkan.

         "Sampai hari ini rekor gubernur termuda di Indonesia masih milik NTB, belum ada rekor baru yang mengalahkannya," kata Sri saat memberikan dua penghargaan untuk Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), di Mataram, Sabtu.

        Penghargaan itu diberikan kepada Pemerintah Provinsi NTB karena telah memfasilitasi terciptanya dua rekor baru, yakni makan ikan dengan peserta sebanyak 23.608 orang dan pengadaan fasilitas kolam ikan di sekolah sebanyak 794 unit kolam, di Mataram, Sabtu.

         Rekor baru makan ikan dengan peserta sebanyak 23.608 orang ini memecahkan rekor sebelumnya yang tercipta di Rembang, Provinsi Jawa Tengah, yakni makan ikan dengan jumlah peserta sebanyak 17.368 orang.

         Sementara rekor pengadaan fasilitas kolam ikan di sekolah yang  tercatat sebanyak 794 unit dan tersebar di berbagai sekolah di NTB itu, merupakan peristiwa pertama dalam catatan MURI.

         Menurut catatan MURI, hingga kini belum ada yang menjadi gubernur pada usia dibawah 36 tahun tiga bulan 17 hari, seperti Zainul Majdi saat dilantik menjadi Gubernur NTB pada 17 September 2008.

         MURI memberi penghargaan gubernur paling muda kepada Zainul Majdi pada 28 Oktober 2009, dan tercatat di MURI sebagai rekor yang ke-3.974. Saat itu, penghargaan tersebut diserahkan Senior Manager MURI Paulus Pangka usai upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB.

         MURI mencatat rekor jika mengandung unsur paling, unik dan langka, serta atas persetujuan yang bersangkutan.

         Karena itu, penghargaan yang diberikan MURI kepada Gubernur NTB dengan kategori paling itu terjadi setelah yang bersangkutan merestui dicatat sebagai rekor MURI setahun kemudian.

         MURI mencatat Zainul Majdi merupakan putra daerah dari kawasan timur Indonesia yang sudah menjadi gubernur pada usia muda, sehingga pantas dicatat dalam rekor MURI.

         Sebelumnya MURI memberikan gelar serupa kepada Agusrin M. Najamudin, selaku gubernur termuda, karena menjabat Gubernur Bengkulu periode 2005-2010 pada usia 36 tahun lima bulan.

         KH. M. Zainul Majdi, MA atau yang dikenal sebagai Tuan Guru Bajang (TGB) juga merupakan Pemimpin Pengurus Besar (PB) Nahdlatul Wathan (NW) yang lahir di Pancor, Lombok Timur, NTB, 31 Mei 1972.

         Ia terpilih sebagai Gubernur NTB periode 2008-2013, saat pemilihan kepala daerah, 7 Juli 2008, berpasangan dengan Ir. H. Badrul Munir, MM, seorang birokrat.

         Pasangan itu diusung Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang masing-masing memiliki enam kursi di DPRD NTB sehingga total 12 kursi atau mencapai 21,81 persen dukungan. (*)