Gubernur NTB menyerahkan 100 ribu bibit pohon ke Pramuka

id NTB,Gubernur Zulkieflimansyah,Pramuka,Pohon

Gubernur NTB menyerahkan 100 ribu bibit pohon ke Pramuka

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), H Zulkieflimansyah menyerahkan secara simbolis 100 ribu bibit pohon kepada Kwartir Cabang Pramuka dalam dalam rangka mensukseskan program Gerakan Pramuka Menanam di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kabupaten Lombok Barat, Jumat (11/12/2020). (ANTARA/Humas Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H Zulkieflimansyah menyerahkan 100 ribu bibit pohon kepada Kwartir Cabang Pramuka dalam dalam rangka menyukseskan program Gerakan Pramuka Menanam.

"Menanam pohon bukan hanya untuk diri kita saat ini, namun juga untuk kehidupan penerus di masa yang akan datang," kata gubernur saat menyerahkan 100 ribu bibit pohon kepada Kwartir Cabang Pramuka se-NTB di Bumi Perkemahan Karang Bayan, Kabupaten Lombok Barat, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima wartawan di Mataram, Jumat.

Menurut gubernur, apa yang dilakukannya bersama dengan Kwarda Gerakan Pramuka NTB merupakan sebuah langkah awal untuk perjalanan panjang mewujudkan NTB Hijau.

Adapun Gerakan Pramuka Menanam di Tahun 2021 dengan target 1 juta pohon, Gubernur NTB optimistis program tersebut akan terlaksana.

"Saya kira, sejuta pohon ini bukan angan-angan, kalau 100 ribu pohon tiap kabupaten dan kota, saya kira sanggup mereka, asal bibit pohonnya disediakan," ujarnya.

Gubernur mengatakan menanam pohon, diharapkan dapat menjadi kebiasaan masyarkat NTB, sehingga provinsi itu menjelma menjadi rumah yang menyenangkan dan nyaman.

"Di mana kita masih melihat burung-burung berterbangan, menikmati harmonisasi alam semesta kita," ujarnya.

Bang Zul, sapaan akrab Gubernur NTB ini, menjelaskan bahwa bersinergi bersama Pramuka dinilai tepat dalam rangka pemulihan dan keasrian pohon-pohon, terlebih di dalam kawasan hutan NTB.

"Kenapa kita berikan kepada Pramuka, karena hanya Pramuka yang sangat militan dan sampai ke dusun hingga desa, gerakannya," ucapnya.

Karena itu, kepada Pramuka, ia mengucapkan selamat dan apresiasi karena memiliki semangat menghadirkan ketahanan pangan dari desa, dan dari masyarakat.

"Selamat teman-teman di Pramuka, mudah-mudahan perjuangan menanam pohon, menghijaukan NTB ini, diberikan imbalan yang setimpal oleh Allah subhanahu wa ta'ala," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka NTB H Fathul Gani mengatakan bahwa Gerakan Pramuka Menanam, merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan di penghujung tahun.

Selain pohon, pihaknya juga menanam tanaman rumah tangga, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

"Gerakan Pramuka Menanam adalah gerakan rutin tiap tahun yang kami laksanakan. Untuk target tahun ini, InsyaAllah minimal 100 ribu bibit pohon," katanya.