Pep Guardiola akan membantu Aguero kembali perlahan-lahan ke tim utama

id Pep Guardiola,Sergio Aguero,Manchester City,Manchester United,derby Manchester

Pep Guardiola akan membantu Aguero kembali perlahan-lahan ke tim utama

Pemain Manchester City Sergio Aguero saat turun di Liga Champions melawan Porto di Etihad Stadium, Manchester, Inggris, 21 Oktober 2020. Pool via REUTERS/Phil Noble/File Photo

Jakarta (ANTARA) - Pelatih Manchester City Pep Guardiola mengaku akan membantu Sergio Aguero kembali ke skuat utama secara perlahan-lahan, meski tidak dapat memainkannya saat klubnya bermain imbang 0-0 di derby Manchester kontra United, Minggu (13/12).

Penyerang tim nasional (timnas) Argentina itu kembali bermain pada pertengahan pekan lalu dari bangku cadangan melawan Marseille setelah absen lama karena cedera.

Namun, Guardiola tidak dapat memainkan Aguero melawan United setelah ia menderita penyakit gastroenteritis (perut).

Absennya Aguero sangat terasa bagi City, yang kesulitan untuk mencetak gol dalam derby tersebut, mereka hanya mampu melepaskan dua tembakan tepat sasaran di Old Trafford.

Namun, Pep menggunakan contoh kasus Nathan Ake untuk menunjukkan mengapa Aguero tidak akan langsung dimainkan sebelum siap 100 persen.

"Dengan Sergio, ini selangkah demi selangkah," jelasnya kepada wartawan usai pertandingan yang dikutip Goal. "Ia melakukan satu sesi latihan, ia absen empat bulan dan ada pemain yang, bagi mereka, tidak berada di skuat tidak adil bagi mereka.

“Itulah mengapa terkadang saya harus menyeimbangkan tim. Bagi saya itu sangat sulit, untuk menjatuhkan Nathan Ake setelah ia bermain luar biasa melawan Marseille."

"Ia tidak bisa dipilih hari ini karena ada aturan bahwa tidak boleh ada 19 atau 20 pemain ketika semua pemain tersedia untuk skuat, beberapa berada di rumah."

"Mudah-mudahan Sergio akan kembali, membuat lebih banyak sesi latihan dan menit sebanyak mungkin untuk kembali secepat mungkin."

Pemain lain yang akan masuk kembali ke rencana Pep adalah bek Aymeric Laporte, tetapi ia mungkin harus bersabar setelah John Stones dan Ruben Dias menggantikan posisinya selama bek tengah itu absen.

"Ia pantas berada di tim, tetapi John Stones dan Ruben juga pantas berada di tim," kata Guardiola tentang Laporte.

"Mereka bermain sangat baik di pertandingan terakhir dan tidak membuat satu kesalahan pun.

"Aymeric bermain sangat baik melawan Marseille dan itulah poinnya - pemilihan tim. Nathan Ake bermain sangat bagus melawan Marseille, tetapi saya harus membuat pilihan. Mereka tidak membuat kesalahan."

"Apa yang harus mereka lakukan adalah bekerja lebih keras, lebih baik dan saatnya akan tiba, dan ketika saatnya tiba, tunjukkan performa yang baik."