Disnaker Mataram menyiapkan aplikasi bursa kerja

id bursa,kerja ,mataram

Disnaker Mataram menyiapkan aplikasi bursa kerja

Ilustrasi: Lombok Epicentrum Mall sebagai salah satu pusat tenaga kerja di Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Foto: ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan aplikasi bursa kerja untuk memfasilitasi para pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya melalui sistem dalam jaringan (daring) atau online.

"Tahun ini kami tidak menggelar job fair secara terbuka, seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk menghindari kerumunan sesuai dengan protokol COVID-19. Tapi, bursa kerja Tahun 2021 akan kami laksanakan melalui aplikasi," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram Hariadi di Mataram, Selasa.

Dikatakan, aplikasi bursa kerja tersebut saat ini sedang dalam tahap rancangan oleh tim. Ditargetkan aplikasi itu sudah dapat dimanfaatkan dalam triwulan pertama Tahun 2021.

Untuk persiapan, ujar dia, pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah perusahaan yang membutuhkan pekerja sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan untuk dimasukkan dalam data lowongan kerja, sehingga memudahkan pencari kerja.

"Dalam aplikasi bursa kerja itu, pencari kerja bisa dengan mudah mencari lowongan pekerjaan sesuai dengan kemampuan mereka. Aplikasi tersebut juga akan dilengkapi dengan kolom pengaduan ketika ada hal-hal yang dinilai tidak sesuai ketentuan," ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya aplikasi bursa kerja yang akan disiapkan itu dapat mengakomodasi pengangguran terbuka yang ada di Kota Mataram dengan jumlah sekitar 12.000 orang.

"Data pengangguran itu sebelum terjadi pandemi COVID-19. Untuk data setelah COVID-19, masih kami koordinasikan dengan BPS Kota Mataram," katanya.

Hariadi menambahkan, disnaker pada Tahun 2020 tidak menggelar kegiatan bursa kerja, karena terjadi pandemi COVID-19 sehingga anggaran dialihkan untuk penanganan COVID-19.