BPBD Mataram distribusikan sarana pencegahan COVID-19 ke sekolah

id ptm,mataram,BPBD

BPBD Mataram distribusikan sarana pencegahan COVID-19 ke sekolah

Salah stau fasilitas tempat cuci tangan yang disiapkan di SMPN 2 Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk persiapan pembukaan pembelajaran tatap muka (PTM) yang dijadwalkan mulai 1 Februari 2021. (Foto: ANTARA/Nirkomala).

Mataram (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat,  mendistribusikan sejumlah sarana pencegahan COVID-19 ke sekolah melalui dinas pendidikan sebagai persiapan dimulainya pembelajaran tatap muka (PTM) yang dijadwalkan 15 Februari 2021.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Selasa mengatakan beberapa sarana pencegahan COVID-19 yang telah didistribusikan, antara lain masker, sabun dan alat pembersih tangan.

"Khusus untuk alat pengukur suhu tubuh, pendistribusian akan kami lakukan secara langsung ke sekolah agar sesuai dengan kebutuhan," katanya.

Pasalnya, kata Mahfuddin, kebutuhan untuk alat pengukur suhu tubuh atau thermogun akan diberikan sesuai dengan rasio jumlah siswa dan layout sekolah sehingga tidak bisa diberikan merata setiap sekolah.

"Bisa saja, satu sekolah mendapat dua atau tiga alat pengukur suhu tubuh. Karena itu, untuk pendistribusian thermogun tetap melalui BPBD, sedangkan lainnya melalui dinas pendidikan (disdik)," katanya.

Menurutnya, pendistribusian sarana pencegahan COVID-19 ,selain alat pengukur suhu tubuh, dilakukan melalui disdik dimaksudkan agar pendistribusian sesuai dengan pemintaan dan kebutuhan sekolah.

"Masker yang kami distribusikan merupakan masker kain untuk anak. Jadi sekolah yang membutuhkan bisa mengusulkan permohonan ke disdik sebagai antisipasi jika ada siswa tidak menggunakan masker," katanya.

Di samping itu, BPBD juga akan memberikan pelayanan penyemprotan disinfektan kepada semua sekolah, sesuai permintaan. Idealnya, penyemprotan disinfektan dilakukan seminggu sekali agar upaya pencegahan lebih efektif.

"Tapi kita lihat saja nanti, berapa kali penyemprotan yang dibutuhkan sekolah," katanya.

Sementara berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Mataram menyebutkan PTM untuk sekolah tingkat TK, SD dan SMP se-Kota Mataram dijadwalkan mulai pada 1 Februari 2021.

PTM akan diawali dengan simulasi mulai 14 Januari sampai 27 Januari 2021, selanjutnya evaluasi 28-30 Januari 2021, untuk memastikan sekolah mana saja yang boleh lanjut PTM dan lanjut untuk belajar dari rumah (BDR).