LOMBOK TIMUR BANGUN PUSAT PENGOLAHAN KOMODITAS PERTANIAN

id

        Lombok Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Timur akan membangun pusat pengolahan komoditas hasil pertanian di atas lahan seluas delapan hektare di Kecamatan Pringgebaya pada 2011.

        "Dalam membangun pusat pengolahan komoditas hasil pertanian itu, Pemkab Lombok Timur akan bekerja sama dengan PT iPasar Jakarta," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Lombok Timur L. Khalid Tarmizi, di Selong, Kamis.

        Ia mengatakan Bupati Lombok Barat HM Sukiman Azmy sudah menandatangani nota kesepahaman dengan manajemen PT iPasar Jakarta beberapa waktu lalu.

        "Diharapkan pada 2011 PT iPasar Jakarta sudah menurunkan tim  melakukan survei lokasi pembangunan pusat pengolahan komoditas hasil pertanian tersebut," katanya.

        Ia menngatakan, untuk sementara Pemkab Lombok Timur hanya fokus pada dua jenis komoditas hasil pertanian, yakni Jagung dan rumput laut, sedangkan yang lainnya akan dilakukan secara bertahap.

         "Kami menargetkan hasil produksi jagung di kabupaten Lombok Timur pada 2010  sebanyak 70 ribu ton dari areal tanam 17 ribu hektare yang tersebar di beberapa kecamatan," katanya.

        Dengan adanya pusat pengolahan komoditas hasil pertanian itu diharapkan masyarakat dapat merasakan manfaatnya terutama meningkatkan kesejahteraan petani.

        "Selain mengolah hasil pertanian, perusahaan ini juga akan membeli produksi petani sesuai dengan harga pasar," katanya. (*)