PLN NTB berjuang perbaiki kerusakan infrastruktur akibat cuaca ekstrem

id PT PLN,Kerusakan Infrastruktur,Cuaca Ekstrem

PLN NTB berjuang perbaiki kerusakan infrastruktur akibat cuaca ekstrem

Petugas PLN bersama warga melakukan perbaikan jaringan listrik yang rusak akibat angin kencang di Pulau Lombok. (ANTARA/HO/PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) berjuang melakukan perbaikan infrastruktur yang rusak akibat cuaca ekstrem yang melanda hampir seluruh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat dalam sepekan terakhir. 

Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram Dony Noor Gustiarsyah, di Mataram, Sabtu, mengatakan cuaca ekstrem berupa hujan angin dengan intensitas tinggi  yang terjadi di NTB, khususnya Pulau Lombok dalam kurun waktu beberapa hari terakhir, berdampak pada jaringan PLN.

Beberapa tiang dilaporkan roboh dan tentunya mengakibatkan komponen distribusi mengalami kerusakan.

"Kami mohon maaf bagi pelanggan yang harus padam. Tim telah diturunkan ke lapangan untuk melakukan perbaikan," katanya. 

Ia menyebutkan tiang roboh dilaporkan terjadi di Dusun Mumbul Sari, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, dan Labuan Tereng, Kabupaten Lombok Barat. Ada juga saluran kabel tegangan menengah putus akibat tanah longsor di Jalan Raya Senggigi, kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat. 

"Untuk yang di Labuan Tereng, pohon tumbang karena puting beliung, dan menimpa tiang listrik. Satu gardu padam. Proses perbaikan yang saat ini tengah dilakukan petugas juga dibantu oleh warga sekitar, " ujarnya. 

Sebelumnya, 13 buah tiang listrik roboh juga terjadi di Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, dan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, yang mengalami banjir pada Sabtu (30/1). Petugas sudah melakukan perbaikan. 

Dony mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Untuk keamanan, kata dia, segera matikan listrik dari mesin pencatat pemakaian listrik (kWh) meter apabila banjir mulai masuk ke rumah. Selain itu, jangan menyentuh jaringan PLN di lokasi yang terdampak banjir.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga untuk segera melaporkan apabila terjadi gangguan atau kondisi yang berbahaya di sekitar lokasi warga.

Pelaporan dapat dilakukan melalui Contact Center 123 ataupun melalui akun media sosial instagran @pln123_official, twitter @pln_123, facebook PLN 123.

"Mohon doa dan dukungan dari seluruh warga agar listrik dapat segera kembali normal, " kata Dony.
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar