PLN Mataram menargetkan 70.000 pelanggan baru pada 2021

id PT PLN,UP3 Mataram,Pelanggan Baru

PLN Mataram menargetkan 70.000 pelanggan baru pada 2021

Petugas PLN UP3 Mataram, NTB, memasang alat pengukur pemakaian listrik (kWh) meter di rumah warga yang menjadi pelanggan baru. (ANTARA/Awaludin)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram, Nusa Tenggara Barat mentargetkan sebanyak 70.000 pelanggan baru yang memperoleh layanan pasokan listrik pada 2021.

"Kami terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat NTB, terutama yang berada di Pulau Lombok," kata Manager PLN UP3 Mataram Dony Noor Gustiarsyah, di Mataram, Selasa.

Untuk mencapai target, ia menambahkan, PLN UP3 Mataram telah membangun jaringan tegangan menengah sepanjang 3.565,01 kilometer sircuit (kms), jaringan tegangan rendah 5.234,51 kms, dan 3.965 unit gardu distribusi dengan total kapasitas 613,6 mVA pada 2020.

Pembangunan jaringan tersebut diiringi dengan naiknya penjualan sebesar 11,84 persen, yaitu dari 1.378 giga Watt hours (gWh) menjadi 1.542 gWh, dan juga kenaikan jumlah pelanggan, yaitu dari 1,09 juta pelanggan menjadi 1,15 juta pelanggan pada 2020.

"Tentu saja kenaikan tersebut merupakan pertanda yang baik bagi perekonomian di Lombok, karena penggunaan listrik merupakan salah satu indikator tingkat ekonomi di suatu daerah," ujar Donny.

Pada 2021, PLN UP3 Mataram telah merencanakan beberapa program untuk terus menghadirkan listrik di Lombok, di antaranya program Pulau Listrik Pintar (Smart Electric Island), yaitu memigrasikan seluruh pelanggan PLN dalam satu pulau menjadi pelanggan prabayar.

Selain itu, program Electrifying Agriculture - total solution, yaitu layanan khusus untuk pelaku usaha di bidang agrikultura yang menawarkan fleksibilitas tagihan.

Donny menambahkan pembangunan dan perluasan jaringan untuk melayani permohonan penyambungan baru dan juga tambah daya juga akan terus dilaksanakan.

"Semua orang pasti butuh listrik, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, di mana semua aktivitas dilakukan lebih banyak di dalam rumah. Jadi pasang baru dan tambah daya akan tetap kami prioritaskan," ucapnya.

Selain itu, PLN UP3 Mataram juga telah bersiap menyambut perhelatan akbar internasional MotoGP yang akan digelar di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

Listrik akan disuplai dari dua gardu induk, yaitu Gardu Induk Kuta dengan kapasitas trafo 30 MVA dan Gardu Induk Sengkol berkapasitas trafo 120 MVA.

Event MotoGP sendiri juga akan mendapat dukungan berlapis dengan rancangan yang disebut Zero Dwon Time, yaitu tanpa adanya gangguan di pelanggan, meski hanya sesaat.

"Kami juga telah meluncurkan aplikasi New PLN Mobile. Dengan aplikasi ini, masyarakat akan dapat dengan mudah mengakses layanan PLN seperti beli token, bayar tagihan listrik, lapor gangguan dan masih banyak lagi," kata Donny.

Ia juga berharap seluruh upaya yang dilakukan oleh PLN akan mendapatkan dukungan dari seluruh pihak, khususnya masyarakat di Pulau Lombok.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar