75.834 warga NTB gunakan aplikasi PLN Mobile

id PLN,Warga NTB,PLN Mobile

75.834 warga NTB gunakan aplikasi PLN Mobile

Wakil Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah (kiri dua), bersama Manager PLN ULP Samawa Rea menunjukkan telepon genggam setelah mengunduh aplikasi New PLN Mobile. (ANTARA/HO/PLN)

Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat mencatat sebanyak 75 ribu warga NTB telah memanfaatkan kemudahan akses layanan melalui aplikasi New PLN Mobile yang diluncurkan pada 18 Desember 2020.

"Data per 16 Februari 2021, aplikasi yang memberikan kemudahan akses layanan PLN tersebut telah dinikmati oleh 75.834 wrga NTB," kata General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB Lasiran, di Mataram, Selasa.  

Ia menyebutkan bahwa platform digital itu merupakan perwujudan transformasi PLN, customer focused, yaitu pelayanan yang andal, terintegrasi dan terkonsolidasi.

Menurut Lasiran, kenyamanan dan kemudahan dalam mengakses semua layanan PLN tentunya merupakan salah satu bentuk pelayanan yang terus coba diwujudkan.

"Inovasi juga akan terus sebagai bentuk upaya peningkatan layanan kepada pelanggan," ujarnya.

Ia menambahkan berbeda dari aplikasi sebelumnya, yaitu PLN Mobile, aplikasi New PLN Mobile menghadirkan banyak fitur tambahan yang semakin memudahkan.

Pelanggan dapat langsung melakukan pelaporan gangguan, baca meter mandiri, pembelian token, pembayaran tagihan listrik dan juga dapat melihat token stimulus COVID-19 bagi masyarakat yang memperoleh bantuan keringanan dari pemerintah.

Fitur lain yang dapat dinikmati pada aplikasi baru tersebut adalah pelanggan dapat melakukan perubahan daya, melihat riwayat pembelian token dan juga pembayaran tagihan listrik.

"Ketiga fitur itu bisa diperoleh ketika pelanggan sudah melakukan pembaruan akun. Caranya mudah saja, cukup unggah KTP dan ber-swafoto dengan KTP tersebut untuk proses verifikasi," ucap Lasiran.

Sementara itu, Wakil Bupati Sumbawa H Mahmud Abdullah pada saat ditemui di kantornya mengapresiasi aplikasi PLN Mobile yang sangat memudahan pelanggan. Ia juga mengajak seluruh masyarakat Sumbawa untuk segera mengunduh aplikasi ini.

"Semua kemudahan layanan PLN telah tersedia lengkap di aplikasi New PLN Mobile," kata Mahmud.

Walikota Bima H Muhammad Lutfi juga menyampaikan hal serupa.

"Kepada seluruh masyarakat Bima, segera download aplikasi New PLN Mobile. Semua makin mudah," ucap Lutfi.

Ke depan, aplikasi tersebut akan terus dikembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya notifikasi apabila di daerah sekitarnya sedang dilakukan pemadaman terencana, solusi permasalahan pada instalasi milik pelanggan, dan lain-lain.

"Saat ini, New PLN Mobile sudah tersedia di appstore dan playstore. Semoga semakin banyak masyarakat yang akan mengunduh aplikasi ini untuk mempercepat aksesibilitas layanan PLN," kata Lasiran.