Puluhan rumah warga di dua desa Suela Lotim rusak parah diterjang angin puting beliung

id Rumah

Puluhan rumah warga di dua desa Suela Lotim rusak parah diterjang angin puting beliung

Rumah rusak

Selong, Lombok Timur (ANTARA) - Puluhan rumah warga di dua desa yaitu Desa Selaparang dan Desa Suntalangu, Kecamatan Suela, Lombok Timur, Senin (1/3) sekitar pukul 15.00 Wita diterjang angin puting beliung yang di barengi hujat lebat.

Akibat terjangan puting beliung tersebut, puluhan rumah warga alami rusak parah.

Informasi yang di himpun, angin puting beliung yang dibarengi hujan lebat tersebut, memporak poranda atap rumah milik warga, seperti di Desa Suntalangu hasil pendataan sementara,  6 KK rumah warga yang jadi korban, atap rumahnya  diterbangkan angin puting.

Sedangkan di Desa Selaparang, jumlah rumah warga yang rusak akibat di terjang angin puting beliung tersebut, sebanyak 80 KK dan satu musala. 

Rata-rata kerusakan bagian atap rumah, 
Dalam kejadian puting beliung tersebut, tak ada korban jiwa, hanya satu orang warga yang mengalami luka, akibat tertimpa runtuhan genteng rumahnya, dan  untuk kerugian hingga kini masih dalam pendataan.

Adanya kejadian puting beliung yang memporak poranda atap rumah warga tersebut, anggota Polsek Suela bersama Camat Suela,Posramil dam dari Badan penanggulangan  bencana daerah (BPBD), langsung turun ke TKP, untuk membantu masyarakat terdampak , membersihkan puing-puing atap rumah yang diakibatkan puting beliung.

Guna menghindari hal yang tak diinginkan, pihak PLN pun, untuk  sementara memutus jaringan listrik ke wilayah terdampak.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim Iwan Setiawan, membenarkan adanya musibah angin puting beliung yang melanda beberapa dusun di dua desa di kecamatan Suela tersebut

“Anggota TRC BPBD, begitu mendapat laporan,langsung turun ke lapangan, membantu masyarakat yang terdampak, seperti melakukan pembersihan puing puing atap rumah,” ucapnya.

Terkait kerugian, menurut Iwan masih dalam pendataan, “kita masih melakukan pendataan,” jelasnya.

Dikatakan, direncanakan Selasa pagi akan dilakukan gotong royong bersama, di lokasi kejadian.

Hal senada diungkapkan Kapolsek Suela melalui Kasubag Humas Polres Lombok Timur Iptu L Jaharuddin, kejadian puting beliung yang terjadi di dua desa tersebut, tidak ada korban meninggal dunia, hanya satu orang yang terluka akibat tertimpa genteng.

“Masyarakat yang rumahnya rusak, untuk sementara ditampung di rumah warga yang tak terdampak, dan ada juga yang tinggal sementara di rumah keluarganya,” sebut Jaharuddin.