Kapolda NTB dukung program memajukan ekonomi masyarakat di era pandemi

id kapolda ntb,ekonomi kreatif,gernas bbi,karya kreatif indonesia

Kapolda NTB dukung program memajukan ekonomi masyarakat di era pandemi

Produk hasil kerja sama PLN dengan UMKM di Bima berupa sepeda listrik bima (Matric-B) yang dipamerkan dalam ajang kegiatan Karya Kreatif Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB, Rabu (3/3/2021). (ANTARA/Dhimas B.P.)

Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Mohammad Iqbal mendukung program pemerintah dalam memajukan ekonomi masyarakat di era pandemi COVID-19.

Irjen Iqbal yang ditemui usai mengikuti Karya Kreatif Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB, Rabu, memberikan bentuk dukungannya dengan mendorong masyarakat agar lebih produktif.

"Kalau ekonomi sudah produktif, kesejahteraan masyarakat akan bagus, tentunya itu linier dengan keamanan. Kalau sudah begitu, pastinya faktor keamanan akan naik, terminimalisir gangguan keamanan," kata Irjen Iqbal.

Bahkan setelah mengikuti kegiatan Karya Kreatif Indonesia yang memamerkan beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) NTB, Irjen Iqbal optimistis melihat pertumbuhan ekonomi masyarakat yang kian meningkat di era pandemi.

Bukan hanya soal pasarnya yang sudah merambah ke dunia ekspor, para pelaku ekonomi pun dia lihat mulai berkembang menyentuh seluruh kalangan masyarakat, mulai dari anak muda hingga ibu rumah tangga.

Iqbal menilai hal itu terjadi berkat dorongan dalam diri masyarakat untuk bertahan dan beradaptasi di era pandemi. Ide kreatif masyarakat yang selama ini hanya dipendam, sudah mulai berani diwujudkan dalam bentuk nyata.

"Jadi era pandemi ini menjadi berkah bagi kita. Buktinya ekonomi masyarakat tetap bergeliat di era pandemi. Memacu kreatifitas masyarakat dengan beragam inovasi," ujarnya.

Sebagai bentuk dukungannya memajukan ekonomi masyarakat di era pandemi, TNI-Polri dikatakannya telah memainkan peran di lapangan.

Perannya dijalankan melalui anggota yang bertugas sebagai bhabinkamtibmas dan babinsa di setiap desa dan kelurahan.

Peran pendampingan masyarakat itu juga telah diwujudkan melalui pelaksanaan Program Kampung Sehat yang kini kembali dilaksanakan dalam agenda jilid II.

"Jadi bhabinkamtibmas bersama babinsa itu bukan hanya bekerja di sektor keamanan saja, pendampingan masyarakat agar ekonomi lebih produktif juga dilaksanakan, sudah banyak bukti kelompok-kelompok binaannya," ucap jenderal bintang dua yang berpengalaman di bidang kehumasan itu.


#gernasbbi
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar