5 ALASAN PEBISNIS PERLU SEORANG COACH

id


Jakarta (ANTARA) - Bagi penggemar olahraga, tak perlu disangsikan, betapa besar peran seorang coach bagi mereka, terutama yang ingin meraih JUARA.

Coach bisa membentuk karakter para atlit binaannya mencapai potensi yang optimal. Coach juga terbukti efektif mengakselerasi perkembangan dan pertumbuhan dengan efek eksponensial.

Bagaimana cara coach bisa menyulap para atlet binaannya menjadi juara dalam setiap pertandingan?

Sebenarnya tak ada yang rahasia dari formula seorang coach dalam mengakselerasi para atlet binaan, kecuali beberapa hal.

1. Coach memberi cara pandang luar kotak

Apa artinya? Maksudnya, coach bisa melihat apa yang tak bisa atlit lihat. Melihat apa ? Melihat potensi atlitnya, dan juga kelemahan yang ada. Ia juga bisa mengoptimalkan kekuatan terbesar atlit didikan hingga mencapai potensi yang maksimal. Jika atlit melihat dirinya sendiri, mungkin ini mustahil, tapi bersama coach, semua jadi mungkin.

2. Coach memastikan Atlit berada diatas jalur yang benar

Seorang coach bisa memastikan apakah langkah para atletnya sudah benar atau salah. Apakah program latihannya terlalu berat atau justru sangat ringan, apakah nutrisinya cukup, apakah motivasinya memadai dan banyak lagi. Intinya, coach bisa memonitoring pertumbuhan atlet dan memastikan semua berjalan sesuai rencana.

3. Coach bisa menjadi stabilizer Motivasi dan Energy

Kita tahu bahwa semangat bisa naik dan turun. Dengan terlibat dalam program intensif, coach bisa difungsikan sebagai stabilizer yang menstabilkan tegangan semangat, hingga tetap memiliki energy yang yang cukup hingga ke garis finish. Coach memiliki kemampuan agar atlit TETAP SEMANGAT, dan berenergi menjalankan setiap latihan.

4. Coach Memberi PETA SUKSES yang jelas

Ibarat sedang berkendaraan ke suatu tujuan, seorang pengemudi akan kesulitan jika tak memiliki pemandu jalan, setidaknya harus ada PETA yang memandu dan alat penunjuk arah ( KOMPAS ). Coach memiliki dua fungsi itu, yaitu memberi peta/jalan dan arah yang benar menuju sukses.

5. Brainstorming Resource dua arah

Bayangkan, betapa nikmat memiliki pelatih sekaligus teman berdiskusi yang saling membangun. Coach akan memberi feedback positif tentang segala hal yang bersifat membangun, dan ini sangat powerfull bagi perkembangan mental dan fisik atlet. Peluang menjadi besar sangat terbuka lebar jika hubungan strategis ini terbangun secara konsisten.

Di lapangan olahraga perlu kehadiran pelatih, pun di bisnis Anda. Kompetisi sedang terjadi selama bisnis hidup, sudahkah kita sebagai pemilik bisnis menyadari bahaya tersembunyi akibat belum memiliki seorang pelatih bisnis?

Jika pelatih bisnis TERBUKTI mendekatkan diri Anda pada impian, yaitu bisnis bisa berjalan tanpa Anda, terus menghasilkan keuntungan yang berlimpah, tim makin solid dan sistim bisnis Anda bisa diduplikasikan ke banyak tempat, tak ada pilihan, hubungi ActionCOACH di (021) 290 366 28 untuk informasi lebih lanjut.(*)