UMKM NTB diminta beradaptasi dengan teknologi digital

id NTB,Dekranasda NTB,UMKM,Digital

UMKM NTB diminta beradaptasi dengan teknologi digital

Ketua Dekranasda Nusa Tenggara Barat (NTB) Niken Saptarini Widyawati. ANTARA/Nur Imansyah

Mataram (ANTARA) - Ketua Dekranasda Nusa Tenggara Barat Niken Saptarini Widyawati meminta para pelaku UMKM mampu beradaptasi dan memasarkan produknya dengan teknologi digital.

"Pandemi COVID-19 yang melanda sejak awal tahun silam ditambah dengan pesatnya perkembangan teknologi, memaksa banyak aspek kehidupan harus serba digital termasuk dunia perdagangan. UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian daerah dipaksa harus survive dan mampu memasarkan produknya secara digital," ujarnya di Mataram, NTB, Senin.

Untuk membantu pelaku UMKM, Pemerintah Provinsi NTB membangun NTB Mall. Sebuah marketplace yang menjadi solusi serta harapan bagi produk UMKM lokal untuk mempromosikan dan memasarkan produknya.

"Kami meluncurkan NTB Mall ini menjadi harapan dan solusi bagi UMKM di NTB," terang Niken.

Ia menjelaskan UMKM harus terus belajar agar mampu menguasai pemasaran digital. Dimulai dari belajar pemotretan, analisis pasar, hingga meningkatkan kualitas produk.

"Kita tidak bisa hanya menguasai pemasaran yang biasa saja. Kita ada di era 4.0. Semua orang bermain gadget. UMKM harus juga mampu beradaptasi dengan ini," jelas Niken.

Ia menambahkan Pemprov NTB bersama seluruh pemerintah kabupaten dan kota se-NTB akan terus mendukung UMKM agar terus tumbuh dan berkembang.

Di antaranya melalui berbagai pelatihan dan pemberdayaan UMKM lokal melalui Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang. Pemprov NTB juga menyediakan marketplace NTB Mall dengan harapan seluruh produk lokal NTB bisa dilihat dunia.

Ketua Pelaksana Kegiatan Pelatihan besutan Kementerian Kominfo, Boby Ciputra, menyatakan UMKM memiliki peran yang penting dalam dunia perekonomian Indonesia. Selain itu, sebagai jalan alternatif dalam membuka lapangan pekerjaan yang baru di tengah pandemi.

"Ketika teknologi digital bertambah maju dan pesat maka rasanya perlu kita berbenah. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan SDM sehingga UMKM menjadi lebih andal dan kompeten dalam membangun perekonomian," katanya.