YBS luncurkan Program Dapur Pangan Ramadhan

id DPR,Ramadhan

YBS luncurkan Program Dapur Pangan Ramadhan

Yayasan Berdayakan Sesama (YBS)  meluncurkan Program Dapur Pangan Ramadhan (DPR) dengan tema "Ramadhan 183 Berburu Pahala Terbaik" di depan Gedung Narmada Convention Hall (NCH) Mataram, Sabtu (11/4).

Mataram (ANTARA) - Yayasan Berdayakan Sesama (YBS)  meluncurkan Program Dapur Pangan Ramadhan (DPR) dengan tema "Ramadhan 183 Berburu Pahala Terbaik" di depan Gedung Narmada Convention Hall (NCH) Mataram, Sabtu (11/4).

DPR diresmikan bersama tim kitabisa.com yang diwakilkan oleh Bayu Diktiarsa Pratama selaku NGO Lead Indonesia Timur -kitabisa.com. 

Direktur Utama YBS, M Fahrurrozi melalui siaran persnya, Minggu, mengatakan tema tersebut mengandung makna, 183 adalah salah satu ayat dalam Al-Baqarah.

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu (diantara umat manusia) agar kamu bertaqwa". (Q.S. Albaqarah: 183)

Dikatakan, program tersebut diharapkan dapat menjadi wadah bagi kaum muslimin memaksimalkan ramadhan.

Angka 183 juga melambangkan program Ramadhan Yayasan Berdayakan Sesama (YBS) yaitu 1 Program Utama, 8 Program Unggulan Dan 3 Program Istimewa.

Adapun Program utama itu, kata dia, dinamakan Dapur Pangan Ramadhan atau yang disingkat dengan DPR,  didasari oleh besarnya pengaruh pandemi COVID-19 yang telah merenggut beberapa sendi kehidupan sebagian besar masyarakat, terutama bagi masyarakat dhuafa, fakir miskin dan anak-anak yatim baik yang ada di Nusa Tenggara Barat maupun di Indonesia pada umumnya.  

Bayu Diktiarsa Pratama tampak sangat antusias mengikuti acara peresmian walau pada waktu bersamaan sedang menyandang status sebagai mempelai pria yang sedang melangsungkan resepsi pernikahan.

Mas Bayu panggilan akrabnya, bersama istri turun dari pelaminan menuju arena launching empat armada Dapur Pangan Ramadhan (DPR) yang siap bergerak menjemput donasi dan menyalurkan donasi makanan siap saji dari sahabat dermawan yang ingin memberi makan untuk mereka yang sedang berpuasa.

“Semoga YBS sukses mengawal Program DPR ini, Insya Allah akan banyak orang baik yang akan mendukung program ini, semoga Allah mudahkan, Amiin," katanya.

Proses peresmian DPR juga dihadiri oleh Tim Program YBS, Abdul Aziz dan para Relawan DPR Bergerak–Ramadhan 183. 

Program ini akan banyak melibatkan para aghnia (dermawan) dimanapun berada, baik dalam bentuk donasi, makanan siap saji ataupun sinergi untuk implementasi.

Fahrurrozi menambahkan khusus kepada para dermawan ada nilai yang sangat berharga untuk bersama-sama berburu pahala terbaik selama Ramadhan.

"Salah satu inspirasi program DPR ini adalah berdasarkan hadist Rasulullah saw: “Barangsiapa memberi makan (berbuka) yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun"(HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad),"ungkapnya.